Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jubir Anies Sebut Food Estate Cenderung Otoriter, Mirip Program China dan Uganda

Jumat, 22 September 2023 – 18:24 WIB
Jubir Anies Sebut Food Estate Cenderung Otoriter, Mirip Program China dan Uganda - JPNN.COM
Juru bicara Anies Baswedan, Sulfikar Amir menyebut program food estate adalah contoh model pembangunan yang cenderung otoriter. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Juru bicara Anies Baswedan, Sulfikar Amir menyebut program food estate adalah contoh model pembangunan yang cenderung otoriter.

Menurutnya, kecenderungan itulah yang membuat megaproyek di bawah komando Menhan Prabowo Subianto tersebut mengalami kegagalan.

“Agenda perubahan yang diusung AMIN (Anies-Muhaimin) akan meninggalkan model dan praktik pembangunan yang cenderung otoriter seperti food estate,” katanya, Jumat (22/9).

Pertanyaan Sulfikar ini merespon penjelasan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad yang mengakui Menhan Prabowo kesulitan menjalankan program food estate, karena tanah untuk program lumbung pangan tersebut masih sulit ditanami.

Dalam teori pembangunan, menurut Sulfikar, food estate masuk kategori large-scale projects, karena dilakukan dalam skala masif dan dengan sumber daya alam dan finansial yang jumlahnya besar.

Dia pun menyamakan food estate dengan program pangan berskala masif di China, Brazil, Uni Soviet dan Uganda.

"Biasanya dilakukan oleh rezim otoriter yang punya visi yang utopis,” ungkap Sulfikar.

Akhirnya, lanjut dia, proyek seperti food estate memiliki risiko kegagalan yang tinggi karena bersifat top-down dan tidak melibatkan masyarakat lokal.

Jubir Anies Baswedan menyamakan food estate dengan program pangan berskala masif di China, Brazil, Uni Soviet dan Uganda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close