Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Juli, Kompetisi Pendakian Rinjani Digelar

Rabu, 17 Februari 2010 – 15:02 WIB
Juli, Kompetisi Pendakian Rinjani Digelar - JPNN.COM
JAKARTA - Bagi para penggemar olahraga pendakian gunung, kabar ini mungkin sudah lama dinanti. Rencananya, Juli 2010 mendatang, Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan, akan menggelar Rinjani International Tracking Competition (Kompetisi Pendakian Internasional). Dalam hal ini, pihak PHKA sengaja memilih Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB, sebagai lokasi penyelenggaraan.

Dikatakan, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia itu dipilih, mengingat keunikan dan tingkat kesulitan jalur pendakiannya disebut sebagai salah satu yang terbaik di Asia. Selain itu, panorama alam dan fasilitas penunjang wisata kelas dunia juga tersedia di kawasan itu. "Kami sudah berkoordinasi dengan pemda setempat," ujar Sekretaris Ditjen PHKA Dr Haryadi Himawan, kepada JPNN, Rabu (17/2) siang.

Selain itu, tambah Haryadi, alasan pemilihan Rinjani adalah mengingat gunung berapi setinggi 3.726 meter di atas permukaan laut itu, merupakan salah satu destinasi pendakian dunia yang banyak dikunjungi. "Kami juga ingin agar kekayaan alam kita lebih dikenali lagi di dunia," tambahnya.

Masih menurut Haryadi, ke depan iven-iven internasional berbasis kekayaan alam nusantara ini akan terus digelar di beberapa lokasi lain di Indonesia. "Tahun depan mungkin kita akan menggelar lomba selam di Pulau Komodo, atau Bunaken," tambahnya membeberkan rencana ke depan.

JAKARTA - Bagi para penggemar olahraga pendakian gunung, kabar ini mungkin sudah lama dinanti. Rencananya, Juli 2010 mendatang, Direktorat Jenderal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close