Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jurnalis Asing Kritisi Pencitraan Jokowi, Ini Pembelaan PDIP

Rabu, 31 Januari 2018 – 17:38 WIB
Jurnalis Asing Kritisi Pencitraan Jokowi, Ini Pembelaan PDIP - JPNN.COM
Hendrawan Supratikno. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno merespons tudingan jurnalis sekaligus kolumnis kondang John McBeth yang dalam artikelnya menyebut Presiden Joko Widodo melakukan pencitraan dengan strategi asap dan cermin. Hendrawan menegaskan, pencitraan memang diperlukan.

"Kalau citranya jelek, melamar saja ditolak calon mertua. Pencitraan itu sangat penting," kata Hendrawan di gedung DPR, Jakarta, Rabu (31/1). 

Yang perlu dipertanyakan, kata Hendrawan, adalah sumber pencitraannya. Menurutnya, harus ada pembedaan antara pencitraan dari kerja nyata dan prestasi yang betul-betul terukur dengan membangun citra yang hanya untuk bergaya. "Itu harus dibedakan," tegasnya. 

Yang jelas, kata dia, pencitraan sangat penting. Kalau citra buruk, maka akan butuh waktu untuk memperbaikinya.

"Reputasi itu proses dibangunnya sangat lama, tapi sangat mudah retak," jelasnya. 

Karena itu Hendrawan menyebut McBeth hanya mencari sensasi. Bahkan, guru besar ilmu ekonomi itu mencurigai McBeth hendak menjual jasanya di Indonesia dengan menyasar pihak-pihak yang menjadi oposan bagi pemerintahan Presiden Jokowi.

"Supaya apa, supaya pelanggannya di pasar Indonesia meningkat. Pasar oposisi kan cukup besar di sini. Pakai hitung-hitungan daganglah," katanya. 

Seperti diberitakan, McBeth menulis artikel berjudul Widodo's Smoke and Mirrors Hide Hard Truths di media daring Asia Times edisi 23 Januari 2018. Kolumnis asal New Zealand menyebut pencitraan yang dilakukan Presiden Jokowi juga difasilitasi sebagian besar media di Indonesia.(boy/jpnn)

Politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno merespons tudingan jurnalis sekaligus kolumnis kondang John McBeth tentang pencitraan ala Presiden Joko Widodo.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close