Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jutaan Lansia Belum Tercover

Kamis, 31 Mei 2012 – 10:36 WIB
Jutaan Lansia Belum Tercover - JPNN.COM
JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) mengakui masih jutaan lanjut usia (lansia) yang rentan belum tercover program. Berdasarkan data yang ada, hanya 100.000 lansia saja dari total lansia rentan sebanyak 2,8 juta yang sudah tertangani. Itupun cakupannya tidak maksimal.

Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos Samsudi mengatakan, ada beberapa program yang digulirkan untuk menangani lansia. Pertama, home care atau pelayanan berbasis keluarga. "Yang melayani keluarga dan kita kasih pendampingan. Pendampingan sosial, perawatan, dan ekonomi," ujarnya usai senam lansia di TMII, Jakarta, Rabu (30/1).

Program lainnya, lanjut Samsudi, adalah day care. Pelaksanaannya mirip dengan home care. Hanya saja dilakukan oleh lembaga atau institutsi. "Model ini bukan seperti panti. Jadi, lansia datang pagi hari kemudian mendapatkan pelayanan pendampingan sosial, psikologis, spiritual, skill bagi yang mampu. Lalu sorenya mereka pulang ke rumah masing-masing," terang pengganti Makmur Sunusi tersebut.

Bagi lansia yang sudah tidak memungkinkan untuk mobilisasi dan tidak ada keluarga yang mendampingi akan mendapatkan jaminan asistensi lansia terlantar. Dulunya program ini bernama Jaminan Sosial Lanjut Usia (JSLU). Sebanyak 26.500 lansia mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 200.000 per bulan. "Tidak semua lansia mendapatkan. Hanya yang terlantar saja. Negara harus memberikan perlindungan. Mungkin keluarga nggak mampu atau sudah pergi," paparnya.

JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) mengakui masih jutaan lanjut usia (lansia) yang rentan belum tercover program. Berdasarkan data yang ada,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA