Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabar Gembira dari Kemenag untuk Siswa yang Ingin Masuk MAN

Senin, 10 Januari 2022 – 17:42 WIB
Kabar Gembira dari Kemenag untuk Siswa yang Ingin Masuk MAN - JPNN.COM
Kementerian Agama. Foto: Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama resmi membuka pendaftaran peserta didik baru untuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) mulai 10 Januari 2022. Salah satu jalur pendaftaran yang menarik untuk siswa adalah MAN Program Keagamaan (MAN PK).

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, M Isom Yusqi menjelaskan MAN PK merupakan salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama. MAN PK ini menjadi bagian dari MAN reguler yang sudah ada. 

MAN-PK pada MAN reguler bertujuan merevitalisasi praktik baik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang pernah diprakarsai Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir 1987. 

"Penekanan MAN PK pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan bahasa Arab dan Inggris," ujar Isom di Jakarta, Senin (10/1).

Dia menyebutkan saat ini ada 10 MAN PK yang akan menerima 500 siswa. Rata-rata menerima 48 siswa, kecuali MAN 1 Surakarta menerima 68 siswa.

"Untuk siswa baru MAN PK akan mendapat beasiswa sampai lulus, sehingga orang tua tidak lagi memikirkan biaya hidup di asrama,” lanjutnya.

Selain tes umum, akademik dan potensi akademik, setiap calon siswa MAN PK juga harus mengikuti tes wawancara, baca kitab kuning, dan tes lisan bahasa Arab-Inggris. 

Dia mengingatkan setiap calon peserta hanya dapat memilih satu pilihan MAN PK.

Kemenag memberikan tawaran menarik bagi para siswa yang ingin masuk MAN, yang mana siswa barunya bisa sekolah gratis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close