Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabar Gembira dari Menteri Erick Buat UMKM di Sumbagsel, Simak

Senin, 14 Maret 2022 – 15:39 WIB
Kabar Gembira dari Menteri Erick Buat UMKM di Sumbagsel, Simak - JPNN.COM
Pelaku UMKM sedang mengemas produknya. Iustrasi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong pendanaan dan akses pasar untuk pengembangan UMKM di kawasan Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel).

Hal itu dikatakan Erick Thohir pada acara seminar hasil kajian Masyarakat Profesional (Maspro) Sumbagsel bertajuk Membangun Aglomerasi Sumbagsel Untuk Nusantara-Indonesia di Jakarta, Sabtu (12/3).

Menurut Erick, pembukaan akses pasar melalui Pasar Digital (PaDi) UMKM platform marketplace yang mempertemukan BUMN dan UMKM, di mana untuk wilayah Sumbagsel sendiri telah terjadi transaksi sebesar Rp 2,17 triliun sebagai bukti nyata dukungan BUMN terhadap UMKM.

“UMKM tahun kemarin itu sukses, pengadaan UMKM sampai Rp 19,4 triliun, rata-rata UMKM itu bisa bertransaksi Rp 1,4 miliar, rata-rata yang tertinggi itu adalah elektronik, makanan, alat tulis dan juga lainnya, khususnya untuk Sumbagsel angkanya Rp 2,17 triliu. Artinya kita hadir untuk UMKM yang ada di Sumbagsel dan ini nyata,” ujar Erick, dikutip Senin (14/3/2022).

Menurut Erick, UMKM yang memenangkan tender dapat mengajukan fasilitas pembiayaan untuk berproduksi lewat Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara).

“Pemenang tender ini pun bisa dibiayai oleh negara dengan kontrak yang diberikan. Ini ekosistem cukup di situ, tidak,” kata Erick.

Erick sebagai tokoh nasional yang lahir dari Gunung Sugih, Lampung itu pun berkomitmen membangun infrastruktur di wilayah Sumatra dengan tujuan terjadi pemerataan pembangunan tidak hanya di Pulau Jawa.

“Kita masih juga mendorong bagaimana yang disampaikan komitmen daripada membangun terus yang namanya infrastruktur di Sumatera Selatan,” ujar Erick.

Menteri BUMN Erick Thohir mendorong pendanaan dan akses pasar untuk pengembangan UMKM di kawasan Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close