Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabar Gembira, Kemnaker Umumkan Workshop Satelit di Sofifi Resmi Beroperasi

Sabtu, 15 Juli 2023 – 19:52 WIB
Kabar Gembira, Kemnaker Umumkan Workshop Satelit di Sofifi Resmi Beroperasi - JPNN.COM
Kemnaker telah menyelesaikan pembangunan satuan pelayanan bidang pelatihan vokasi dan produktivitas di Kota Sofifi, Maluku Utara. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, TERNATE - Kementerian ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyelesaikan pembangunan satuan pelayanan bidang pelatihan vokasi dan produktivitas di Kota Sofifi, Maluku Utara.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cw mengatakan pembangunan satuan pelayanan berupa workshop jarak jauh di bawah naungan BPVP Ternate ini merupakan salah satu bagian dari Transformasi BLK.

Ini merupakan satu dari 9 Lompatan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

"Workshop satelit yang berada di Pulau Halmahera ini dibangun sejak tahun 2021, dan kini telah beroperasi. Workshop ini difokuskan untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal yang kompeten di sektor pertambangan dan pertanian," kata Caswi saat meninjau workshop satelit di Kota Sofifi, Maluku Utara, Jumat (14/7).

Caswi menjelaskan, pelatihan kompetensi di sektor pertambangan didesain untuk melakukan transfer knowledge and skill dari TKA ke tenaga kerja lokal.

Sementara itu, pelatihan pertanian dan perikanan, termasuk pengolahan hasil pertanian dan perikanan diarahkan untuk mendukung sektor pertanian dan perikanan yang menjadi potensi utama ekonomi masyarakat di kepulauan rempah ini.

Dia mengemukakan, pembangunan wokshop di atas lahan 5 hektar tersebut merupakan kolaborasi multi-pihak, yaitu pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan swasta.

"Lahannya merupakan aset Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang dihibahkan kepala Pemerintah Pusat. Sedangkan pembangunan seluruh gedung dan penyiapan infrastruktur pelatihan dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan," ucap kandidat doktor Institut Pertanian Bogor ini.

Kemnaker telah menyelesaikan pembangunan satuan pelayanan bidang pelatihan vokasi dan produktivitas di Kota Sofifi, Maluku Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close