Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabupaten Kolaka Deklarasikan Bersepeda ke Kantor Setiap Jumat

Selasa, 08 Oktober 2019 – 11:26 WIB
Kabupaten Kolaka Deklarasikan Bersepeda ke Kantor Setiap Jumat - JPNN.COM
Gowes Nusantara 2019 etape Kolaka. Foto: kemenpora

jpnn.com, KOLAKA - Pelaksanaan salahsatu program Kemenpora bertajuk Gowes Nusantara di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, sangat istimewa. Kegiatan yang berlangsung di Pantai Kakao, Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada Minggu (6/10/2019) itu dengan pembacaan Deklarasi Bersepeda.

Deklarasi tersebut dibacakan oleh Wakil Bupati Kolaka, Jayadin di hadapan 3.000 peserta, di mana pada deklarasi itu mewajibkan seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka untuk bersepeda ke Kantor Pemkab Kolaka di setiap hari Jumat.

"Setiap pegawai Pemkab Kabupaten wajib bersepeda kalau datang ke kantor sekali dalam seminggu yakni setiap hari Jumat. Aturan ini juga berlaku buat saya," kata Jayadin yang disambut antusias oleh para peserta baik pegawai Pemkab Kolaka, maupun masyarakat lainnya.

Menurut Jayadin, Deklarasi Bersepeda bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan tetapi juga mengurangi polusi udara yang ditimbulkan kendaraan bermotor. "Polusi udara yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor itu sangat berbahaya. Dengan bersepeda ke kantor setiao hari Jumat berarti kita sudah mengurangi polisi udara. Dan, dengan olahraga bersepeda badan kita akan lebih sehat," ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakat khususnya remaja jangan pernah malu menggunakan sepeda yang kini sudah menjadi tren sebagai moda transportasi masyarakat di berbagai negara. Terlebih, kedepannya Pemkab Kaloka akan menyiapkan jalur khusus sepeda. "Para remaja tak perlu malu menggunakan sepeda saat bersekolah. Saya itu dulu bersepeda ke sekolah dan ternyata saya bisa menjadi wakil Bupati Kolaka sekarang," candanya.

Soal dukungan terhadap kegiatan olahraga, kata Jayadin, Pemkab Kolaka tak perlu diragukan. Hal ini bisa dilihat dengan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara tahun 2019.

"Pemkab Kolaka sangat mendukung kegiatan olahraga. Kini, kita sudah berhasil mencetak atlet andal yang terpilih untuk memperkuat Kontingen Sultra pada PON Papua 2020. Atlet panjat tebing, golf, dan balap motor Sultra itu dimonasi atlet dari Kolaka," jelasnya.

Secara terang-terangan Jayadin juga mengkritik beberapa perusahaan terlebih yang bergerak disektor pertambangan yang memiliki peran minim dalam mendukung kegiatan masyarakat termasuk olahraga.

Pelaksanaan salahsatu program Kemenpora bertajuk Gowes Nusantara di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, sangat istimewa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close