Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kadin Diminta Aktif Perjuangkan Kemudahan Usaha di Tengah Pandemi

Minggu, 28 Maret 2021 – 16:47 WIB
Kadin Diminta Aktif Perjuangkan Kemudahan Usaha di Tengah Pandemi - JPNN.COM
Diskusi virtual bertajuk 'Kadin dan Pemberdayaan Ekonomi Generasi Muda' yang diselenggarakan DPP Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK). Foto: dok for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Dirut PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid menilai Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia penting berperan aktif meningkatkan peran pengusaha mengatasi permasalahan ekonomi yang ambruk akibat pandemi COVID-19.

Kadin juga diharapkan dapat secara efektif menjadi mitra pemerintah, sehingga perekonomian bangsa dapat kembali bangkit.  

"Kadin harus menjadi wadah komunikasi dan konsultasi yang efektif, saling bantu antara pengusaha besar dan kecil, pengusaha daerah dan nasional. Misalnya sharing di bidang teknologi maupun pendanaan," ujar Arsjad Rasjid, Sabtu (27/3) malam.

"Selain itu, juga menjadi wadah komunikasi antara pengusaha dan pemerintah terkait kemudahan usaha."

Arsjad mengemukakan pandangannya pada diskusi virtual bertajuk 'Kadin dan Pemberdayaan Ekonomi Generasi Muda' yang diselenggarakan DPP Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK).  

Menurut dia, pemerintah tidak akan sanggup mengatasi masalah yang ada tanpa dukungan pengusaha swasta dan segenap elemen masyarakat.

Untuk itu, Kadin harus berperan mengkoordinasikan para pengusaha nasional dan daerah, menjadi mitra pemerintah dalam merespons pandemi dan dalam pemulihan ekonomi nasional.

Misalnya, aktif mempromosikan industri kreatif dan pariwisata, mempercepat industri digital 4.0, mendorong implementasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan menumbuhkan usaha berorientasi ekspor.

Kadin Indonesia diharapkan bisa berperan aktif memperjuangkan kemudahan usaha di tengah pandemi COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close