Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kaisar Naruhito Minta Maaf Atas Dosa Jepang di Perang Dunia II

Kamis, 15 Agustus 2019 – 22:11 WIB
Kaisar Naruhito Minta Maaf Atas Dosa Jepang di Perang Dunia II - JPNN.COM
Kaisar Jepang Naruhito (kanan) berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Foto: Reuters/Antara

jpnn.com, TOKYO - Kaisar Jepang Naruhito menyampaikan penyesalan yang mendalam atas semua dosa masa lalu negaranya dan mendoakan perdamaian global. Hal itu disampaikannya dalam peringatan kekalahan Jepang di Perang Dunia II, Kamis (15/8).

Naruhito (59) menjadi raja pertama Jepang yang dilahirkan setelah perang tersebut. Ayahnya, Akihito, meletakkan jabatan pada Mei lalu melalui upacara turun takhta pertama oleh seorang kaisar Jepang dalam dua abad terakhir.

"Melihat ke belakang pada masa panjang perdamaian pasca-perang, yang mencerminkan masa lalu kita dan kenangan mengenai perasaan penyesalan yang mendalam, saya secara sungguh-sungguh berharap bahwa kehancuran perang takkan pernah terulang," ujar Naruhito seperti dikutip Antara dari Reuters.

"Bersama-sama dengan seluruh rakyat, saya memberi penghormatan sepenuh hati buat semua yang kehilangan nyawa mereka dalam perang tersebut dan berdoa buat perdamaian dunia dan pembangunan lebih lanjut negara kita," tambahnya.

BACA JUGA: Trump Jadi yang Pertama Bertemu Kaisar Naruhito

Jepang menyerah kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945 setelah Kota Hiroshima dan Nagasaki dihancurkan dengan bom atom. Kekalahan Negeri Sakura tersebut mengakhiri Perang Dunia II. (ant/dil/jpnn)

Kaisar Jepang Naruhito menyampaikan penyesalan yang mendalam atas semua dosa masa lalu negaranya dan mendoakan perdamaian global

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close