Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kakorlantas Polri: Titik Krusial Arus Balik di Grinsing, Brexit, dan...

Kamis, 29 Juni 2017 – 12:47 WIB
Kakorlantas Polri: Titik Krusial Arus Balik di Grinsing, Brexit, dan... - JPNN.COM
Kakorlantas Irjen Pol. Royke Lumowa memberikan keterangan pers terkait arus balik di Mako Korlantas Polri, Jakarta, Kamis (29/6). Foto: Dok. Korlantas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa memberi atensi terhadap sejumlah jalur arus balik Lebaran tahun ini. Dia mengimbau kepada pemudik untuk berhati-hati.

"Titik krusial yang menjadi perhatian dan atensi untuk diantisipasi adalah Grinsing, Brexit, Palimanan, Dawuan, Gerbang Tol Cikarut serta Rest Area sepanjang Tol Cikampek KM 62, KM 52, dan KM 42," kata Royke dalam keterangan yang diterima, Kamis (29/6).

Royke mengharapkan para pemudik dapat mengatur jadwal kembali tidak tertumpu dalam satu waktu. Pemudik, diimbau menganalisis waktu balik dengan melihat situasi lalu lintas melalui media massa.

Di samping itu, Royke juga menyampaikan bahwa pada 30 Juni, angkutan barang sudah diperbolehkan beroperasi. Ini bisa menjadi potensi kemacetan di jalan provinsi.

"Mohon toleransi dan dukungan dari para pengusaha baik eksportir, importir, dan lainnya dapat memulai beroperasinya kendaraan angkutan barang setelah puncak arus balik selesai pada 3 Juli demi kelancaran kurang lebih 1,5 juta kendaraan yang akan kembali dari mudik Lebaran," kata dia.

Dia menjelaskan, pihanya akan menghentikan kendaraan angkutan barang jika arus lalu lintas macet. Ini merupakan diskresi kepolisian.

"Kami akan menempatkan kendaraan angkutan barang tersebut pada kantong-kantong parkir sampai situasi memungkinkan," kata dia.

Salah satu cara mengatasi kepadatan arus balik yaitu dengan cara membagi kepadatan pada jalur-jalur jalan yang telah diatur melalui proses rekayasa lalu lintas. Antara lain untuk jalan tol akan dilakukan sistem contranflow, buka tutup pada rest area, atau menutup rest area jika memang diperlukan.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa memberi atensi terhadap sejumlah jalur arus balik Lebaran tahun ini. Dia mengimbau kepada pemudik untuk berhati-hati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close