Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kampus Bergerak, Ganjar: Demokrasi Kita Ada pada Jurang

Rabu, 07 Februari 2024 – 15:53 WIB
Kampus Bergerak, Ganjar: Demokrasi Kita Ada pada Jurang - JPNN.COM
Capres RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo di Bekasi, Jawa Barat, Senin (5/2). Foto: Tim Media GP.

jpnn.com - JAKARTA – Aksi Kampus Bergerak terus bergulir untuk menyoroti kondisi politik jelang Pemilu 2024, khususnya terkait praktik berdemokrasi dan etika penguasa yang dianggap mengalami degradasi.

Ganjar Pranowo menilai gelombang kritik dari kalangan kampus saat ini menunjukkan demokrasi Indonesia sedang berada pada jurang yang dalam.

"Saya hanya ingin menyampaikan saja, demokrasi kita ada pada jurang. Maka, masyarakat sipil, tokoh masyarakat, agama, budayawan mengingatkan, termasuk kampus,” kata Ganjar Pranowo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (7/2).

“Kampus itu punya kebebasan mimbar akademik. Maka, kalau mereka menyuarakan, maka nuraninya yang ada," lanjut calon presiden nomor urut 3 itu.

Seusai menghadiri acara di De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu, Ganjar menegaskan bahwa perguruan tinggi di tanah air memiliki kebebasan akademik untuk menyuarakan pandangan mereka.

Hal itu tidak boleh diintervensi dengan meminta kampus untuk menyanjung pemerintah, tegas Ganjar.

Selain itu, dia juga mengkritik adanya intervensi dari pemerintah terhadap rektor-rektor yang diminta membuat pernyataan dukungan kepada pemerintah, meskipun rektor tersebut sebenarnya tidak setuju.

"Para profesor mengatakan, aku mau cari apalagi kalau soal ini? Maka, kalau ada yang diperintah untuk membuat tandingan statement untuk dukungan kepada pemerintah, menurut saya telat, dan membelokkan sebuah kejujuran dan fakta itu akan menyakitkan buat menunjukkan sebuah kebenaran," ujar Ganjar.

Ganjar Pranowo menanggapi Kampus Bergerak yang terus bergulir untuk menyoroti kondisi politik jelang Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close