Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kanker Payudara Mengancam Generasi Muda, Simak Saran Mbak Rerie Ini

Kamis, 14 Oktober 2021 – 17:50 WIB
Kanker Payudara Mengancam Generasi Muda, Simak Saran Mbak Rerie Ini - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyoroti ancaman kanker payudara yang kini mulai menghampiri kalangan usia muda dan generasi Z.

Menurutnya, sistem kesehatan nasional harus memiliki cetak biru yang jelas untuk menekan angka kematian akibat kanker.

"Pihak civil society, government dan kalangan bisnis harus berkolaborasi dalam mengupayakan tercapainya tingkat kesehatan masyarakat yang lebih baik," saran Mbak Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Edukasi "Pita Merah Pink”: Remaja Z dan Perempuan Milenial berkaitan Bulan Kanker Payudara yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (13/10).

Dia mendorong pemerintah harus memberi perhatian khusus dan ruang lebih luas dalam kebijakan anggaran agar upaya pencegahan kanker bisa dilakukan secara masif.

Mbak Rerie berharap kesadaran terhadap ancaman kanker payudara pada kalangan perempuan usia muda bisa terus ditingkatkan lewat edukasi secara menyeluruh terhadap masyarakat.

Berbagai upaya dalam bentuk penyuluhan dan deteksi dini kanker payudara, menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus bisa disosialisasikan dan dipahami secara luas oleh masyarakat.

Oleh karena itu, Mbak Rerie menekankan pentingnya pemahaman perempuan muda tentang deteksi dini lewat periksa payudara sendiri (Sadari).

Diskusi yang dimoderatori Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR Anggiasari Puji Aryatie itu menghadirkan Pendiri dan Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia Linda Agum Gumelar, Ketua Perhimpunan Hematologi Onkologi Medik Ilmu Penyakit Dalam Indonesia/Perhompedin CabangJakarta dr. Ronald A Hukom SpPD, Ketua Umum Indonesian Cancer Information and Support Center Association (CISC) Aryanthi Baramuli, dan Dekan FK Universitas Indonesia Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD sebagai narasumber.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie menyampaikan sejumlah saran menyikapi ancaman kanker payudara ke generasi muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close