Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapal Aceh Hebat Ratusan Miliar Jangan Sampai Menjadi Besi Tua

Selasa, 02 Februari 2021 – 12:25 WIB
Kapal Aceh Hebat Ratusan Miliar Jangan Sampai Menjadi Besi Tua - JPNN.COM
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Aceh (DPRA), Tarmizi. (ANTARA/HO)

jpnn.com, MEULABOH - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Aceh (DPRA) Tarmizi berharap Kapal Motor Penumpang (KMP) Kapal Aceh Hebat 1, 2 dan 3 yang sudah dibeli Pemerintah Aceh senilai Rp 178 miliar pada 2020 lalu tidak menjadi besi tua dikemudian hari.

Tarmizi tak ingin KMP Aceh Hebat itu sama dengan nasib kapal cepat Pulo Rondo dan Pulo Deudap, yang kini menjadi besi tua.

“Kami tidak mau KMP Aceh Hebat 1, 2, 3 ini sama kejadiannya seperti kapal cepat Pulo Rondo dan Pulo Deudap yang dibeli Pemerintah Aceh, yang memiliki sejarah kelam menjadi besi tua. Kita tidak mau seperti itu,” kata Tarmizi, Selasa (2/2).

Seperti diketahui, pada 2020 lalu Pemerintah Aceh mengalokasikan anggaran Rp 178 miliar untuk pengadaan tiga KMP Aceh Hebat.

Kapal tersebut masing-masing bernama KMP Aceh Hebat 1 berkapasitas 1.300 GT, yang direncanakan melayani rute Pelabuhan Calang Aceh Jaya-Pelabuhan Simeulue Aceh.

Kemudian KMP Aceh Hebat 2 berkapasitas 1.100 GT, yang sudah mulai melayani Ulee Lheue Banda Aceh-Balohan Sabang.

Berikutnya, KMP Aceh Hebat 3 berkapasitas 600 GT yang direncanakan akan melayani rute Aceh Singkil-Pulau Banyak.

Tarmizi menegaskan, sudah cukup kapal cepat Pulo Deudap dan Pulo Rondo milik Pemerintah Aceh yang dibeli beberapa tahun silam menjadi sejarah buruk dalam pengelolaan aset di provinsi tersebut.

Tarmizi tak ingin KMP Aceh Hebat itu sama dengan nasib kapal cepat Pulo Rondo dan Pulo Deudap, yang dibeli Pemerintah Aceh, menjadi besi tua.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close