Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapal Perang Amerika Masuk Laut China Selatan, Tiongkok: Hati-Hati Kecelakaan

Jumat, 22 November 2019 – 19:00 WIB
Kapal Perang Amerika Masuk Laut China Selatan, Tiongkok: Hati-Hati Kecelakaan - JPNN.COM
USS Lake Erie, salah satu kapal perang Amerika Serikat yang dilarang Tiongkok berlabuh di Hong Kong. Foto: US Navy

jpnn.com, BEIJING - Militer Tiongkok memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak membuat masalah di Laut China Selatan. Pernyataan tegas tersebut terlontar setelah kapal perang AS terdeteksi melintas dekat pulau-pulau yang diklaim Tiongkok di wilayah tersebut.

Komando Armada Selatan Tiongkok mengklaim telah melacak pergerakan dua kapal perang AS di Laut China Selatan. "Kami mendesak (Amerika Serikat) untuk menghentikan tindakan provokatif ini untuk menghindari kecelakaan yang tidak terduga," kata juru bicara Komando Armada Selatan Tiongkok dalam sebuah pernyataan, Jumat (22/11).

"Tiongkok memiliki kedaulatan yang tak terbantahkan atas pulau-pulau Laut China Selatan dan daerah sekitarnya."

Angkatan Laut AS sendiri mengakui dua kapal tempurnya baru-baru ini beroperasi di Laut China Selatan. USS Gabrielle Giffords melakukan perjalanan 12 mil dari Mischeef Reef pada Rabu (20/11) lalu.

Sementara USS Wanye E Meyer menerobos wilayah yang diklaim Tiongkok di Pulau Parcel pada Kamis (21/11). "Misi-misi ini didasarkan pada aturan hukum dan menunjukkan komitmen kami untuk menegakkan hak, kebebasan, dan penggunaan laut dan wilayah udara yang dijamin secara hukum untuk semua negara," kata Juru Bicara Armada Ketujuh Angkatan Laut AS Komandan Reann Mommsen.

Seperti diketahui, Tiongkok mengklaim semua area perairan kaya sumber daya alam di Laut China Selatan sebagai milik mereka. Hal ini membuat Negeri Tirai Bambu berkonflik dengan Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam yang memiliki klaim serupa.

Amerika Serikat menuding Tiongok menggunakan kekuatan militer untuk mengintimidasi negara-negara lain di Laut China Selatan. Karena itu, untuk mengimbangi pengaruh Tiongok, militer AS kerap melakukan operasi militer di perairan tersebut. (ant/dil/jpnn)

Militer Tiongkok memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak membuat masalah di Laut China Selatan. Pernyataan tegas tersebut terlontar setelah kapal perang AS terdeteksi melintas

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close