Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapal Perang Amerika Sudah Siaga di Selat Taiwan

Jumat, 17 Januari 2020 – 16:31 WIB
Kapal Perang Amerika Sudah Siaga di Selat Taiwan - JPNN.COM
USS Lake Erie, salah satu kapal perang Amerika Serikat yang dilarang Tiongkok berlabuh di Hong Kong. Foto: US Navy

jpnn.com, WASHINGTON - Amerika Serikat mendadak tiba-tiba mengerahkan salah satu kapal perangnya ke Selat Taiwan. Misi tersebut menjadi sorotan lantaran dilakukan sepekan setelah Pemilu Presiden Taiwan.

Pada Kamis (16/1), Angkatan Laut AS mengatakan bahwa USS Shiloh telah menyelesaikan transit ke Selat Taiwan. Namun Pentagon mengklaim manuver tersebut hanyalah misi biasa.

Namun tampaknya hal tersebut tidak dianggap biasa oleh pihak lain, khususnya Tiongkok. Bagi Beijing, semua hal terkait Taiwan adalah hal besar, apalagi ketika militer asing terlibat.

Jelang pilpres Taiwan, Tiongkok dua kali melayarkan kapal induk terbarunya ke wilayah tersebut. Pengerahan kapal tersebut dinilai Taiwan sebagai tindakan mengintimidasi.

Meski tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan, namun AS memiliki keterikatan hukum untuk memberikan perlindungan dan senjata.

Dalam beberapa waktu terakhir, hubungan Tiongkok dan AS yang sudah buruk makin diperkeruh dengan persoalan Taiwan dan Hong Kong. (rmol/jpnn)

Perjuangan Honorer K2 Tinggal Selangkah Lagi?

Amerika Serikat mendadak tiba-tiba mengerahkan salah satu kapal perangnya ke selat Taiwan. Misi tersebut menjadi sorotan lantaran dilakukan sepekan setelah Pemilu Presiden Taiwan

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close