Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapal Selam Nuklir Tiongkok Buntuti Kapal Perang Australia, Ada Tantangan, Tegang!

Rabu, 13 Juli 2022 – 22:12 WIB
Kapal Selam Nuklir Tiongkok Buntuti Kapal Perang Australia, Ada Tantangan, Tegang! - JPNN.COM
Sumber di kalangan militer menyebut kapal perang Australia HMAS Parramatta dibuntuti oleh kapal perang China selama beberapa pekan terakhir. (Supplied: Defence)

Departemen Pertahanan Australia menolak untuk menjelaskan pertemuan kapal perangnya dengan pihak militer Tiongkok saat berlayar melalui perairan internasional yang diklaim oleh Beijing karena "alasan keamanan operasi."

Sumber di kalangan militer menyebut kapal perang HMAS Parramatta telah dibuntuti dari jarak dekat oleh militer Tiongkok selama beberapa pekan terakhir.

Pengintaian ini, kata sumber ABC News, melibatkan kapal selam bertenaga nuklir Tiongkok, kapal perang, serta beberapa pesawat tempur.

"Tantangan formal telah terjadi, mereka memberi tahu kami bahwa kami memasuki 'perairan teritorial Tiongkok'," ujar seorang pejabat Dephan yang mengetahui kejadian tersebut.

"Aktivitas paling intensif terjadi saat HMAS Parramatta berada di Laut Tiongkok Timur," kata pejabat itu kepada ABC, yang berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk membahas operasi secara terbuka.

Sejak meninggalkan Australia pada akhir bulan Mei, kapal ini telah melakukan perjalanan ke Vietnam dan Korea Selatan, kemudian bergerak ke Jepang melalui Laut Tiongkok Selatan dan Laut Tiongkok Timur.

Pelayaran ini disebut sebagai bagian dari "penugasan regional" yang mencakup beberapa latihan militer bersama Angkatan Laut negara lain.

Menurut Kedutaan Besar Australia di Vietnam, HMAS Parramatta tiba di kota pelabuhan Da Nang pada 5 Juni, sebelum meninggalkan negara itu lebih dari seminggu kemudian menuju Pangkalan Angkatan Laut Busan di Korea Selatan.

Departemen Pertahanan Australia menolak untuk menjelaskan pertemuan kapal perangnya dengan pihak militer Tiongkok saat berlayar melalui perairan internasional

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close