Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapitra Merespons Prof Al Makin yang Minta Kasus Penendang Sesajen Dihentikan, Begini

Sabtu, 15 Januari 2022 – 19:22 WIB
Kapitra Merespons Prof Al Makin yang Minta Kasus Penendang Sesajen Dihentikan, Begini - JPNN.COM
Kapitra Ampera menanggapi Prof Al Makin yang meminta kasus penendang sesajen di Gunung Semera dihentikan. Ilustrasi Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Kapitra Ampera menanggapi pernyataan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Al Makin yang meminta proses hukum terhadap HF, penendang sesajen di areal Gunung Semeru, dihentikan.

Kapitra mengatakan dirinya menghargai Prof Al Makin yang sudah menyampaikan pendapatnya itu.

Namun, lanjut Kapitra, demi menjaga stabilitas negara, aksi penistaaan agama tidak boleh terjadi.

"Jika terjadi (penistaan agama) harus ditindak supaya tidak menjadi kelatahan dan gejolak masyarakat," kata Kapitra kepada JPNN.com, Sabtu (15/1).

"Kita, kan, perlu stabilitas apalagi kondisi sekarang. Hal-hal yang berdasarkan keyakinan orang, sulit membawanya dalam pemikiran kita, karena ini persoalan subjektif dan personal betul," sambung Kapitra.

Kapitra Ampera mengatakan penyelesaian masalah penendang sesajen itu bisa saja dengan mediasi atau restorative justice.

Namun, menurut pria kelahiran 20 Mei 1966 itu, yang lebih penting ialah masyarakat harus memiliki kesadaran bahwa menghina keyakinan orang lain tidak boleh terjadi.

"Harus ada kesadaran di tengah masyarakat, menghina keyakinan orang itu perbuatan yang nista, perbuatan yang sangat bertentangan dengan ajaran agama mana pun," ujar Kapitra.

Kapitra Ampera menanggapi pernyataan Prof Al Makin yang meminta proses terhadap penendang sesajen di area Gunung Semeru, dihentikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close