Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapolda Ngantor 2 Minggu di Tarakan

"Dimana Bumi Dipijak, Di Situ Langit Dijunjung"

Sabtu, 02 Oktober 2010 – 06:52 WIB
Kapolda Ngantor 2 Minggu di Tarakan - JPNN.COM
Kapolri menyaksikan dua pihak yang bertikai saling berangkulan. Tanda kedamaian di Tarakan. (Foto: Arnold/Radar Tarakan)
TARAKAN - Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri bersyukur dan salut kepada pihak-pihak yang terkait yang begitu cepat mengatasi rusuh di Tarakan. Sehingga hanya dalam waktu 4 hari (26 hingga 30 September) semuanya bisa teratasi. “Ya bersyukur. Pertikaian antara kedua kelompok bisa diatasi, dan persoalan pengungsi juga bisa selesai dengan baik,” kata Kapolri usai melakukan pertemuan dengan unsur pimpinan TNI/Polri, pemerintah daerah di ruang VVIP Bandara Juwata Tarakan, kemarin.

Bambang juga memerintahkan Kapolda Kaltim Irjen Pol Mathius Salempang untuk berkantor di Tarakan selama dua minggu. “Saya perintahkan Kapolda Kaltim untuk berkantor di Tarakan selama dua minggu,” kata Kapolri.

Selain itu, Kapolri menegaskan selama dua pekan kedepan, kapolda bersama dengan muspida Kaltim dan Pemkot Tarakan untuk bekerja sama mengawal perdamaian di Tarakan dan terus melakukan sosialisasi terkait kesepakatan perdamaian yang telah disetujui dari kedua pihak. “Kapolda dan walikota setiap harinya harus senantiasa melakukan evaluasi dan jangan sampai kecolongan," tegas Kapolri. Ia menegaskan, kendati upaya perdamaian telah dilakukan, proses hukum terhadap pelaku pembakaran dan pembunuhan tetap berjalan.

Kerusuhan yang melanda Tarakan merenggut 5 korban jiwa dan puluhan lainnya luka-luka. Rusuh juga menyebabkan warga mengungsi. Tercatat ada 40.170 jiwa mengungsi di 8 titik pengungsian. Belum termasuk yang mengungsi ke luar daerah, seperti di Nunukan, Berau, Bulungan, Balikpapan dan Surabaya.

TARAKAN - Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri bersyukur dan salut kepada pihak-pihak yang terkait yang begitu cepat mengatasi rusuh di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News


BERITA LAINNYA