Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapolri Lulus Ujian Setelah Menetapkan Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Rabu, 10 Agustus 2022 – 01:09 WIB
Kapolri Lulus Ujian Setelah Menetapkan Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Brigadir J - JPNN.COM
Ketua Setara Institute, Hendardi. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Setara Institute Hendardi mengomentari penetapan tersangka yang dilakukan tim khusus (timsus) Polri kepada Irjen Ferdy Sambo di kasus kematian Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Menurut Hendardi, timsus yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu membuktikan kejujuran, transparansi, dan kinerja berbasis data telah mengantarkan pada kesimpulan utama kasus tersebut.

“Pada awalnya Polri sempat terkesan sangat berhati-hati, karena peristiwa itu menyangkut perwira tinggi Polri yang juga berprestasi,” kata dia dalam siaran persnya, Selasa (9/8) malam.

Kemudian, ada suatu upaya menghalangi proses penegakan hukum. Belum lagi semburan informasi menyangkut kasus ini yang sangat masif dan membuat proses penyidikan sempat terhambat.

“Di tengah menurunnya kepercayaan publik pada institusi Polri, kasus ini sungguh menjadi ujian terberat bagi Kapolri, meskipun akhirnya Jenderal Listyo Sigit Prabowo lulus dari ujian,” kata Hendardi.

Dia menyebut pengungkapan keterlibatan Irjen Ferdy Sambo dalam peristiwa pembunuhan ini menjadi pembelajaran sangat penting.

“Dengan faktor-faktor tertentu, anggota Polri dan juga penegak hukum lainnya, dapat saja terlibat suatu perbuatan yang melanggar hukum,” ujar aktivis HAM tersebut.

Menurutnya, kejadian seperti ini pasti akan selalu ada di dalam sebuah korps, termasuk Polri.

Hendardi menyebut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lulus ujian setelah menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close