Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapolri Resmikan Indonesia Safety Driving Center

Rabu, 12 Februari 2020 – 00:15 WIB
Kapolri Resmikan Indonesia Safety Driving Center - JPNN.COM
Kapolri Jenderal Idham Azis meresmikan ISDC di Serpong. Foto: Humas Polri

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Kapolri Jenderal Idham Azis meresmikan Indonesia Safety Driving Center (ISDC) di Pusdik Lantas Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (11/2). ISDC ini bakal menjadi cara Polri untuk terus menekan angka jumlah kecelakaan lalu lintas.

“Kami harap ini bisa efektif menekan kecelakaan. Saya juga mengapresiasi seluruh inovasi yang telah diukir jajaran Korlantas selama ini," ujar Idham.

ISDC merupakan pusat belajar, berlatih, penelitian dan pengembangan keselamatan mengemudi dan mengendarai kendaraan bermotor serta perilakunya. Selain itu, ISDC juga dapat berfungsi sebagai pusat pameran dan konferensi terkait road safety.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono menjelaskan, ISDC adalah sebuah implementasi amanat UULLAJ yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan serta membangun budaya tertib berlalu lintas.

ISDC dibangun karena keprihatinan atas tingginya tingkat kecelakaan di jalan.

“Di Indonesia, usia yang terlibat kecelakaan lalu lintas, tertinggi pada rentang usia 14 tahun hingga 39 tahun yakni mencapai 58 persen,” kata Istiono.

Dari 58 persen itu, yang tertinggi adalah pada usia 20 tahun hingga 24 tahun sebanyak 18 persen dan 16 persen korban dari usia 15 tahun hingga 19 tahun.

Istiono mengatakan, 90 persen faktor penyebab kecelakaan di jalan adalah kelalaian manusia.

Indonesia Safety Driving Center merupakan pusat belajar, berlatih, penelitian dan pengembangan keselamatan mengemudi dan mengendarai kendaraan bermotor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close