Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapten Didik Mengerahkan Pasukan, Lihat, Sungguh Mengharukan

Selasa, 09 Februari 2021 – 08:48 WIB
Kapten Didik Mengerahkan Pasukan, Lihat, Sungguh Mengharukan - JPNN.COM
Para prajurit Pamtas Yon 614 Raja Pandhita membantu panen padi di ladang warga di Long Pujungan, Malinau, Kalimantan Utara. Foto: istimewa/Antara

jpnn.com, MALINAU - Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Penjaga Perbatasan (Pamtas) Batalyon 614 Raja Pandhita mengambil ani-ani dan turun ke ladang membantu warga panen padi.

"Kebetulan padi di ladang Ibu Salau Jalung sudah saatnya dipanen, sementara ladangnya lumayan luas, jadi saya kerahkan anggota untuk bantu memanen,” kata Komandan Kompi SSK 2 Satgas Pamtas RI-Malaysia Kapten Infanteri Didik Prasetiyo, awal pekan ini.

Kompi SSK 2 bertugas di Kampung Long Pujungan, kampung di kawasan hulu Sungai Bahau di Malinau, Kalimantan Utara.

Dari Long Pujungan, perbatasan RI dengan Malaysia di negara bagian Serawak tinggal sehari perjalanan lagi dengan perahu ketinting dan berjalan kaki menembus hutan rimba.

Sebagai Orang Kenyah, warga Long Pujungan menanam padi miaw. Pada ladang varietas lokal ini menghasilkan beras yang empuk dan pulen. "Dan harum kalau dimasak," ucap Kapten Didik.

Sebelumnya perlu 6 bulan perjuangan mulai dari mengolah tanah dan memelihara dan melindungi ladang dari berbagai hama dan penyakit.

"Panen tahun ini lumayan bagus, walau kami belum tahu dapat berapa banyak," ujar Salau Jalung semringah.

Hasil sekali panen ini biasanya cukup untuk makan keluarga hingga panen tahun berikutnya. Bila berlimpah, sebagian hasil panen akan dijual.

Komandan Kompi SSK 2 Satgas Pamtas RI-Malaysia Kapten Infanteri Didik Prasetiyo mengerahkan anak buahnya, membantu warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close