Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Karantina Pasien Covid-19 Tanpa Gejala, Pemprov Kepri Sewa 2 Resort di Bintan

Selasa, 18 Mei 2021 – 11:16 WIB
Karantina Pasien Covid-19 Tanpa Gejala, Pemprov Kepri Sewa 2 Resort di Bintan - JPNN.COM
Relawan COVID-19 Tanjungpinang msnyemprot disinfektan di kawasan Pasar Bintan Centre (Antara/Nikolas Panama)

jpnn.com, TANJUNGPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) menyewa dua resort di Kabupaten Bintan, Kerpi, untuk mengarantina pasien Covid-19 yang tanpa gejala. Dua resort yang dijadikan lokasi karantina itu ialah Lauhas Village dan Agro Resort.

"Jumlah kamar untuk karantina yang disiapkan di dua resort itu cukup banyak," kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kepri Tengku Said Arif Fadillah di Tanjungpinang, Selasa (18/5).

Tengku Said Arif Fadillah menjelaskan langkah itu ditempuh setelah puluhan kamar tidur di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Bintan yang sejak setahun terakhir digunakan untuk karantina pasien Covid-19, penuh.

"Kami berharap (dua resort) ini memadai untuk mempercepat penyembuhan pasien tanpa gejala," ujar Fadillah yang juga sekretaris daerah (Sekda) Kepri itu.

Arif juga menyorot pelaksanaan isolasi mandiri yang dilakukan pasien Covid-19. Satgas Penanganan Covid-19 Kepri telah menghimpun dan mengevaluasi pelaksanaan isolasi mandiri di rumah pasien corona.

Menurutnya, kondisi rumah yang kurang memadai, dan sikap pasien yang tidak konsisten dalam melaksanakan isolasi mandiri selama penyembuhan, berpotensi menyebabkan penyebaran virus itu.

Oleh karena itu, katanya, pelaksanaan isolasi mandiri segera dibenahi dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah disiapkan pemerintah.

Arif berharap seluruh pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di tempat yang kurang memadai, dengan sukarela melaporkan hal tersebut kepada petugas kesehatan untuk segera pindah ke salah satu kamar di resort yang telah disiapkan pemda.

"Penyembuhan juga dipengaruhi perasaan nyaman dan aman. Kamar-kamar di resort yang disiapkan untuk karantina merupakan tempat yang aman," ucapnya.

Pemprov Kepri menyewa dua resort, Lauhas Village dan Agro Resort, untuk mengarantina pasien Covid-19 tanpa gejala. Kesembuhan pasien dipengaruhi keamanan dan kenyamanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close