Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Karnaval Atraktif Sambut 'Kick Off'

Indonesia Ikut, Tampilkan Pencak Silat

Jumat, 11 Juni 2010 – 11:29 WIB
Karnaval Atraktif Sambut 'Kick Off' - JPNN.COM
INDONESIA - Jojo (paling kiri) bersama murid-murid silatnya ketika akan mengikuti karnaval di Pretoria, demi menyambut Piala Dunia 2010. Foto: Kurniawan Muhammad/Jawa Pos.
PRETORIA - Menjelang semakin dekatnya kick off  Piala Dunia (PD) 2010, warga Afrika Selatan (Afsel) semakin sering menggelar pawai dan karnaval. Jika Rabu (9/6) lalu ratusan ribu hingga jutaan warga Afsel tumpah ruah di jalan-jalan Johannesburg untuk memberi semangat dan menyambut pawai tim Bafana Bafana, Kamis (10/6) kemarin digelar karnaval di Pretoria.

Karnaval yang diberi nama "Mushanda Carnaval" untuk menyambut piala dunia itu, tak hanya diikuti berbagai kelompok warga Afsel saja. Perwakilan dari negara-negara lain yang bukan kontestan piala dunia juga ikut, termasuk Indonesia. "Kami  menampilkan pencak silat Al Azhar," kata Dedi Jayadiputra, First Secretary di KBRI (Kedutaan Besar RI), kepada Jawa Pos di Pretoria, kemarin (10/6).

Sekilas, Dedi menjelaskan bahwa pencak silat asal Indonesia itu sudah masuk di Afsel sejak Januari lalu. "Sampai sekarang sudah ada 200-an murid yang ikut di pencak silat itu. Warga Afsel banyak yang ikut, di antaranya penduduk asli (berkulit hitam) juga ada yang ikut," katanya.

Sayang, dalam karnaval kali ini tersebut, murid-murid pencak silat Al Azhar yang ikut pawai hanya belasan orang saja. "Kebanyakan terkendala transportasi," kata Dedi.

PRETORIA - Menjelang semakin dekatnya kick off  Piala Dunia (PD) 2010, warga Afrika Selatan (Afsel) semakin sering menggelar pawai dan karnaval.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA