Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kasal Sebut 21 Peran Kowal Menghadapi Tantangan Global

Minggu, 16 Desember 2018 – 08:10 WIB
Kasal Sebut 21 Peran Kowal Menghadapi Tantangan Global - JPNN.COM
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji pada acara Pengarahan Kasal dengan Kowal Wilayah Jakarta di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (14/12). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Wujud nyata perjuangan kesetaraan gender di bidang kemiliteran terlihat pada eksistensi prajurit wanita di lingkungan TNI termasuk di lingkungan TNI Angkatan Laut yang terwadahi dalam Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal).

Hal tersebut tertuang dalam buku yang ditulis Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, berjudul "21 Peran Korps Wanita Angkatan Laut Dalam Menghadapi Tantangan Global", yang disampaikannya pada acara Pengarahan Kasal dengan Kowal Wilayah Jakarta di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (14/12).

Kegiatan ini digelar dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-56 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yang jatuh pada tanggal 5 Januari 2019 mendatang.

Di hadapan 513 Korps Wanita Angkatan Laut wilayah Jakarta, Kasal menjelaskan 21 peran penting Kowal diantaranya pengabdian dan kehormatan adalah jiwaku, kodrat kelembutan dan tuntutan profesionalisme, peran sebagai ayah dan ibu, berbeda dengan wanita negara lain.

Menurut Kasal, ibu sebagai pendamping suami, ibu sebagai pendidik, ibu sebagai perempuan yang kuat, restu ibu adalah sumber rezeki, mustajabnya doa seorang ibu, ibu sebagai panutan. Organisasi dan peran ibu di dalamnya, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, seorang istri saleh, sosok dengan kesabaran yang berlapis, kesederhanaan seorang ibu, motivator serta pendamping anak dan suami, ibu sebagai tiang rumah tangga, ibu mencintai dengan ketulusan hatinya, ibu sebagai dokter dirumah, dan ibu merupakan wasiat Nabi Muhammad SAW.

Kasal Sebut 21 Peran Kowal Menghadapi Tantangan Global

Nuansa keharuan sangat terasa saat Pejabat nomor satu di jajaran TNI AL ini mengulas satu persatu isi buku dari 21 Peran Kowal yang membuat sebagian Prajurit Wanita TNI AL ini menitikkan air mata, tidak sanggup menyembunyikan rasa harunya.

Sementara itu, Perwira Pembinaan Kowal Letkol Laut (KH/W) Dewi Lestari, saat testimoni mengatakan bahwa pengarahan ini menjadi kejutan bagi para Kowal, dan menjadikan sosok Kasal yang sederhana sebagai panutan para Kowal dan apa yang diberikan menjadi motivasi dalam bertugas, serta sebagai wanita harus tetap menjaga kodratnya untuk selalu mengingat perjuangan dari seorang ibu.

Wujud nyata perjuangan kesetaraan gender di bidang kemiliteran terlihat pada eksistensi prajurit wanita di lingkungan TNI termasuk di lingkungan TNI AL.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close