Alexa Analytics
Gerakan Satu Indonesia Stop Corona

Kasuran, Dusun yang Seluruh Penduduknya Tidak Berani Tidur di Kasur

Selasa, 03 Januari 2012 – 08:08 WIB
Kasuran, Dusun yang Seluruh Penduduknya Tidak Berani Tidur di Kasur - JPNN.COM
Dusun Kasuran merupakan salah satu desa unik di tanah air. Di dusun yang masuk wilayah Sleman, Jogjakarta, ini, seluruh penduduknya tidur tanpa kasur. Mereka tidak berani melanggar karena takut terkena musibah.

SEKARING RATRI A., Jogjakarta

NAMANYA Dusun Kasuran. Letaknya di Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Sleman, Jogjakarta. Luasnya sekitar 17 hektare. Dusun tersebut berpenduduk  618 jiwa dengan 68 kepala keluarga (KK). Dari Kota Jogjakarta, perjalanan bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam.

 

Sekilas tidak ada yang berbeda dengan dusun-dusun lain. Mayoritas rumah warga sudah beratap  genting dengan dinding batu bata. Pasokan listrik pun cukup memadai. Hampir setiap rumah memiliki televisi dan lemari pendingin. Jalanan dusun juga beraspal.

Yang membedakan Kasuran dengan dusun yang lain adalah kepercayaan dan kebiasaan penduduknya. Meski bernama Kasuran, hampir tidak ada penduduk dusun itu yang tidur beralas kasur. Mereka tidur di atas dipan kayu atau hanya di atas tikar. Hanya segelintir penduduk yang memakai kasur busa.

loading...