Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kasus Covid-19 Melonjak, Jokowi Singgung Luhut hingga Airlangga

Kamis, 03 Februari 2022 – 22:18 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak, Jokowi Singgung Luhut hingga Airlangga - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara peningkatan kasus Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memerintahkan dua penanggung jawab PPKM, Luhut Binsar Pandjaitan dan Airlangga Hartarto untuk mengevaluasi segera perkembangan Covid-19 akhir-akhir ini.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu melihat kasus Covid-19 yang mengalami kenaikan hingga 27.197 kasus per Kamis (3/2).

"Saya memerintahkan Menko Marvinves selaku Koordinator PPKM Jawa-Bali serta Menko Perekonomian selaku Koordinator PPKM luar Jawa-Bali untuk segera mengevaluasi level PPKM," kata Jokowi dalam keterangannya di Medan, Kamis (3/2).

Presiden menegaskan pemerintah telah memperkirakan dan mengantisipasi lonjakan tersebut dengan sejumlah persiapan yang lebih baik dari tahun lalu.

"Lonjakan ini sudah diperkirakan dan diantisipasi oleh pemerintah dengan kesiapan-kesiapan kami yang sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun lalu, baik dari segi rumah sakit, obat-obatan dan oksigen, fasilitas isolasi, maupun tenaga kesehatan. Dan kondisi rumah sakit hingga saat ini juga masih terkendali," ujar presiden.

Presiden pun meminta masyarakat untuk tetap tenang karena meski varian Omicron memiliki tingkat penularan yang tinggi, tetapi tingkat fatalitasnya lebih rendah dibandingkan varian Delta.

Hal tersebut bisa terlihat dari kasus Covid-19 di beberapa negara, di mana tingkat keterisian rumah sakit relatif rendah.

"Hal ini juga termasuk di negara kita, Indonesia, meskipun kasusnya melonjak cukup tinggi, tetapi keterisian di rumah sakit masih terkendali," imbuhnya.

Presiden Joko Widodo memberikan perintah kepada Luhut Binsar Pandjaitan dan Airlangga Hartarto. Perintah itu keluar menyusul meningkatnya kasus harian Covid-19 di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close