Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Emrus Sihombing Beri Saran Buat Pemerintah

Jumat, 18 September 2020 – 19:04 WIB
Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Emrus Sihombing Beri Saran Buat Pemerintah - JPNN.COM
Pengamat politik Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. Sejak pertama masuk ke Indonesia dan ditetapkan sebagai bencana nonalam nasional, sama sekali belum ada tanda-tanda menurun.

Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing mengatakan, perlu ada evaluasi serius terhadap struktur kelembagaan atau organisasi dan kinerja terkait dengan penanganan Covid-19.

Dia menegaskan, penanganan Covid-19 sebaiknya diserahkan kepada ahli sesuai bidang-bidang tugas yang terkait langsung permasalahan corona.

Emrus melihat persoalan utama Covid-19 adalah aspek kesehatan. Karena itu, Emrus berpendapat, yang seharusnya menjadi nahkoda dalam penanganan Covid-19 adalah Menteri Kesehatan (menkes). Bukan menteri lain yang tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) tidak terkait langsung.

"Namun, Menteri Kesehatan tersebut mutlak harus memiliki good leadership dan akseptabilitas tinggi dari publik, utamanya berbagai organisasi profesi kesehatan," kata Emrus, Jumat (18/9).

Menurut Emrus, Menkes dalam pertanggungjawaban tugasnya membuat laporan singkat terkait perkembangan di lapangan.

Laporan itu disampaikan lewat tatap muka langsung dengan presiden dan atau wakil presiden.

Ia menambahkan, presiden dan atau wakil presiden melakukan evaluasi kinerja menkes dan timnya, sekaligus memberi arahan, petunjuk, kebijakan dan program yang perlu dilakukan sesegera mungkin.

Sejak pertama masuk ke Indonesia dan ditetapkan sebagai bencana nonalam nasional, kasus Covid-19 sama sekali belum ada tanda-tanda menurun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close