Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kata Ginting Setelah Dapat Rezeki jadi Juara Grup B BWF World Tour Finals 2019

Jumat, 13 Desember 2019 – 20:29 WIB
Kata Ginting Setelah Dapat Rezeki jadi Juara Grup B BWF World Tour Finals 2019 - JPNN.COM
Anthony Sinisuka Ginting. Foto: Badminton Indonesia

jpnn.com, GUANGZHOU - Anthony Sinisuka Ginting berhak menyandang status juara Grup B tunggal putra BWF World Tour Finals 2019.

Pada laga pemungkas grup di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, Jumat (13/12) siang WIB, Ginting menang tanpa harus bekerja lebih keras setelah Viktor Axelsen (Denmark) mengalami cedera saat kedudukan baru menginjak 13-6 untuk keunggulan Ginting di gim pertama.

Axelsen memutuskan untuk menyudahi pertarungan karena mengalami cedera hamstring di bagian kanan. “Ya mungkin ini rezeki saya. Karena kondisi seperti ini enggak bisa diprediksi, kapan pun bisa terjadi,” ujar Ginting kepada Badminton Indonesia.

Berdasarkan regulasi yang dikeluarkan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) nomor 16.2.5 yang bertuliskan, ‘Jika pemain/pasangan mengalami sakit, cedera, diskualifikasi atau hal-hal yang tidak bisa dicegah, maka semua hasil yang dimiliki pemain/pasangan tersebut otomatis akan dihapuskan. Berhenti selama dalam pertandingan akan dianggap tidak menyelesaikan semua pertandingan di fase grup’.

Jadi dalam kasus ini, seluruh poin yang berkaitan dengan Axelsen otomatis dihapus. Maka Ginting, Chen Long dan Chou Tien Chen ada di posisi yang sama karena masing-masing punya satu kemenangan dan satu kekalahan.

Bila mengacu pada regulasi tersebut, maka Ginting otomatis berada di puncak klasemen karena punya jumlah perbedaan game lebih banyak, yakni +1 setelah bermain rubber game (kalah) dengan Chou Tien Chen di laga pertama. Sementara perbedaan gim Chen Long tercatat nihil karena kalah straight game dari Ginting, tetapi menang dua gim langsung atas Chou Tien Chen.

“Saya bersyukur bisa masuk ke babak selanjutnya. Saya juga enggak menyangka akan seperti ini. Apalagi saya sempat kalah dulu di pertandingan awal. Dan bisa dibilang grup saya ini kan berat-berat pemainnya. Untungnya kemarin saya bisa menang straight game dari Chen Long dan dapat satu game waktu melawan Chou (Tien Chen),” kata Ginting.

“Untuk pertandingan selanjutnya, saya mau coba berpikir seperti kemarin saja, cuma mau mikirin bagaimana caranya buat menikmati permainan dan melakukan yang terbaik saja di lapangan. Fokus untuk main yang bagus saja,” pungkas Ginting. (bi/jpnn)

Sesuai aturan BWF, kemenangan yang didapat Ginting, Chen Long dan Chou Tien Chen atas Viktor Axelsen dihapuskan.

Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close