Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kata Najwa Shihab soal Mewabahnya Hoaks, Wajib Dibaca

Sabtu, 27 Juni 2020 – 00:41 WIB
Kata Najwa Shihab soal Mewabahnya Hoaks, Wajib Dibaca - JPNN.COM
Najwa Shihab. Foto: ANTARA/Syahrul Rahmat

jpnn.com, JAKARTA - Najwa Shihab mengatakan, hoaks yang mewabah di masyarakat karena masih lemah budaya baca secara fisik dengan menggunakan buku.

"Lalu dengan cepat beralih ke budaya baca digital. Budaya baca digital memerlukan kemampuan literasi yang kuat, dan masyarakat Indonesia masih rentan karena belum mampu memilih serta memilah informasi yang tepat dan sesuai kebutuhan," kata Duta Baca Indonesia itu dalam webinar di Jakarta, Jumat (26/6).

Dia menambahkan, membaca buku secara fisik akan membawa karakter yang tidak mudah percaya dengan kiriman informasi serta memiliki rasa penasaran, berhati-hati dalam mengambil keputusan, dan terbiasa mencari benang merah dari yang dibacanya.

"Tidak mudah dibohongi, sedangkan membaca buku secara digital, biasanya yang dibaca hanya poin-poin atau sepotong-potong," kata dia.

Dia menambahkan, alasan lain mengapa hoaks beredar cepat, karena karakter masyarakat Indonesia yang suka mengobrol, sehingga lebih rentan terkena hoaks.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga lebih percaya jika mendapatkan informasi dari orang-orang terdekat.

"Situasi turut memengaruhi terlebih pada saat pandemi. Ini yang membuat hoaks tumbuh subur karena masyarakat masih sulit mencari referensi COVID-19 yang terhitung baru," kata dia.

Najwa berpesan kepada masyarakat agar berhati-hati dengan judul berita yang provokatif, perlu mencermati alamat situs, abal-abal atau tidak. Selanjutnya, cek keaslian foto dengan aplikasi untuk mengecek keaslian sumber informasi, gambar, dan foto-foto.

Duta Baca Indonesia Najwa Shihab berbicara makin mewabahnya hoaks di masyarakat saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close