Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kata Pakar, Serangan Jantung Berisiko Memicu Kanker

Kamis, 12 Desember 2019 – 08:25 WIB
Kata Pakar, Serangan Jantung Berisiko Memicu Kanker - JPNN.COM
Sakit jantung. Foto : Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Kabar mengkhawatirkan bagi orang-orang yang berhasil selamat dari serangan jantung. Penelitian baru menunjukkan bahwa mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung seperti serangan jantung, gagal jantung atau irama jantung yang tidak menentu, berisiko lebih dari tujuh kali lipat untuk pengembangan kanker, dibandingkan dengan mereka yang memiliki jantung sehat.

"Kami menemukan bahwa orang-orang dengan faktor risiko tertentu untuk penyakit jantung memiliki peningkatan risiko kanker dan, yang lebih menarik lagi, kami menemukan bahwa orang-orang yang akhirnya mengembangkan penyakit jantung memiliki peningkatan risiko yang signifikan terhadap kanker di masa depan," kata ketua peneliti, Dr. Emily Lau, seorang ahli kardiologi di Massachusetts General Hospital di Boston, seperti dilansir laman WebMD, Rabu (11/12).

Temuan ini didasarkan pada data dari Framingham Heart Study, sebuah proyek penelitian berdurasi puluhan tahun yang terkenal setelah meneliti kesehatan jantung orang-orang yang tinggal di kota kecil Framingham. Lau dan rekan-rekannya memperhatikan bahwa banyak pasien reguler dengan penyakit jantung juga melawan kanker.

Para peneliti beralih ke studi Framingham, melacak lebih dari 12.700 orang selama sekitar 15 tahun yang tidak memiliki penyakit jantung atau kanker pada awal penelitian. Selama masa studi, 1.670 kasus kanker terjadi - terutama pencernaan, payudara, prostat dan paru-paru.

Orang-orang yang memulai dengan faktor risiko yang memberi mereka 20 persen risiko penyakit jantung selama dekade berikutnya adalah lebih dari tiga kali lebih mungkin dibandingkan orang-orang dengan risiko lebih rendah untuk mengembangkan jenis kanker apa pun. "Faktor risiko terpenting yang dimiliki oleh kedua penyakit itu adalah usia, tekanan darah tinggi, diabetes, dan merokok," jelas Lau.

Yang lebih mengejutkan, orang-orang yang menderita serangan jantung atau gagal jantung kemudian memiliki risiko kanker yang meningkat secara drastis. Para peneliti juga menemukan bahwa orang dengan BNP tingkat tinggi, suatu hormon yang sering meningkat pada gagal jantung, lebih mungkin mengembangkan kanker. "Penyakit jantung dan kanker memiliki banyak faktor risiko," kata Lau dan Dr. Nicholas Rohs, asisten profesor onkologi medis di Pusat Medis Keluarga-Chelsea Blavatnik di Mount Sinai di kota New York.

"Namun, mungkin juga ada sesuatu tentang memiliki jantung yang buruk yang bisa memicu kanker dalam tubuh," tambah Lau dan Rohs.

Pasien jantung menderita banyak peradangan, stres pada sistem kekebalan tubuh, perubahan hormon dan kadar oksigen darah yang rendah. "Semua penyebab stres ini adalah hal-hal yang bisa menyebabkan kanker. Sel-selnya stres dan akhirnya bertingkah buruk karena itu.

yang memiliki riwayat masalah jantung berisiko lebih dari tujuh kali lipat untuk pengembangan kanker

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close