Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kawah Timbang Mengancam

Gas Beracun Meningkat, Status Jadi Waspada

Rabu, 13 Maret 2013 – 07:42 WIB
Kawah Timbang Mengancam - JPNN.COM
BANJARNEGARA - Kawah Timbang, Gunung Dieng di Kecamatan Batur, Banjarnegara kembali menebar ancaman bagi warga sekitar. Menurut Kepala Pos Pegamatan Gunung Api Dieng, Tunut Pujiarjo,Selasa (12/3) nyaris terjadi korban akibat menghirup gas beracun.

"Ketika itu ada warga yang tengah mengendarai mobil yang berjarak beberapa ratus meter dari kawah, tiba-tiba mesin mobil mati. Warga yang sebelumnya diingatkan untuk tidak melintasi dekat kawah itu, kemudian lari dari lokasi tersebut dan beruntung dia bisa selamat," kata Tunut Pujiarjo.

Warga tersebut dikatakan berlari sembari menahan nafas sehingga bisa selamat sampai perkampungan. Meski demikian, mobilnya yang berada di dekat kawah belum bisa dievakuasi. "Belum ada yang bisa melakukan evakuasi, karena harus menggunakan tabung oksigen dan masker untuk mencapainya. Sementara warga tidak boleh mendekat pada radius 500 meter dari kawah," kata Tunut.

 Tunut menjelaskan, sebelumnya sudah ditemukan bangkai kucing hutan yang diduga karena menghirup gas beracun. Menurut Tunut, peningkatan aktifitas sudah mulai terlihat sejak Januari lalu. "Ditandai dengan adanya beberapa kali gempa," ungkapnya kemarin. 

BANJARNEGARA - Kawah Timbang, Gunung Dieng di Kecamatan Batur, Banjarnegara kembali menebar ancaman bagi warga sekitar. Menurut Kepala Pos Pegamatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA