Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kawal Penghitungan Suara, PSI Ungkap Sejumlah Kejanggalan

Sabtu, 24 Februari 2024 – 19:33 WIB
Kawal Penghitungan Suara, PSI Ungkap Sejumlah Kejanggalan - JPNN.COM
Tempat pemungutan suara pada Pilkada 2017. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - DPP PSI menginstruksikan seluruh pengurus, caleg, dan kader partai untuk mengawal proses perhitungan suara di setiap tingkatan. Instruksi sudah dijalankan dan DPP menerima laporan terjadinya sejumlah kesalahan.

“Saya sendiri sudah turun ke berbagai kecamatan dan menemukan kesalahan input. Misalnya di sebuah TPS di Jakarta Utara. Batang lidi mencatat 35 tapi di kolom angka ditulis 25. Ada pengurangan 10 suara. Itu baru satu caleg PSI dan satu TPS. Terbayang kalau dikalikan 12 ribuan TPS di satu dapil,” kata Ketua DPP PSI, Cheryl Tanzil, Sabtu (24/2).

Temuan-temuan semacam ini diperoleh dari pengawasan yang dilakukan para pengurus, caleg, dan kader PSI.

“Kalau teman-teman pengurus, caleg, dan kader tidak mengawal dan mengawasi, mustahil temuan-temuan itu sampai ke DPP,” lanjut Cheryl.

Dia mengatakan bahwa mengawal suara adalah hak konstitusional seluruh peserta pemilu. Suara adalah amanat rakyat yang tidak boleh disia-siakan.

“PSI menggunakan hak itu untuk memastikan tidak ada satu pun suara rakyat yang hilang. PSI sendiri tetap optimis bisa melewati parliamentary threshold 4 persen dan lolos ke Senayan,” kata Cheryl.

Nah, ketika menemukan kesalahan-kesalahan semacam itu, koreksi-koreksi segera dilakukan dan disepakati seluruh saksi partai-partai lain di berbagai tingkatan.

“Kami percaya KPU dan seluruh penyelenggara pemilu sudah bekerja dengan sangat baik dan berdedikasi. Tapi namanya manusia, sangat mungkin kelelahan atau lengah,” pungkas Cheryl. (dil/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Temuan-temuan semacam ini diperoleh melalui pengawasan yang dilakukan para pengurus, caleg, dan kader PSI.

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close