Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kawasan Joglosemar Diyakini Bakal jadi Primadona Baru Bidikan Wisatawan

Sabtu, 06 Juli 2019 – 09:45 WIB
Kawasan Joglosemar Diyakini Bakal jadi Primadona Baru Bidikan Wisatawan - JPNN.COM
Diskusi Lokakarya 2019 dengan tema Menjawab Tantangan Sektor Transportasi Tingkatkan Konektivitas Joglosemar di Bandara Internasional Yogyakarta. Foto dok Kemenhub

jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah optimistis kawasan Jogjakarta, Solo serta Semarang (Joglosemar) bakal jadi menjadi primadona baru yang bisa mendatangkan wisatawan manca negara. Terlebih dengan hadirnya Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Kulon Progo, Yogyakarta.

Selain itu ditunjang dengan peningkatan kapasitas dua bandara lain, yakni Adi Soemarmo (Solo) dan Ahmad Yani (Semarang).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti menuturkan, penambahan kapasitas tiga bandara tersebut dilakukan dalam meningkatkan pergerakan pesawat dan penumpang dari dan ke wilayah Joglosemar.

“Saya mengharapkan strategi transportasi yang sudah terencana ini bisa berjalan dengan baik sehingga mendorong pertumbuhan kemajuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang pada akhirnya pertumbuhan ekonomi di wilayah Yogyakarta, Solo dan Semarang bisa berkembang pesat,” ujar Polana saat hadir di acara Lokakarya Wartawan Kementerian Perhubungan di Bandara Internasional Yogyakarta, Jumat  (5/7) kemarin.

BACA JUGA: Ada Shuttle Bus Damri Gratis Menuju Bandara Internasional Yogyakarta

Nah untuk mewujudkan hal tersebut, diakui Polana, Pemerintah Pusat memerlukan dukungan dari stakeholder dan pihak terkait lainnya seperti Pemerintah Daerah, BUMN dan swasta.

Sementara itu, Direktur Utama PT API Faik Fahmi mengatakan meski belum 100 persen beroperasi Bandara YIA akan menampung sebanyak 14 juta penumpang di akhir 2019.

“Ini baru 65 persen, untuk 100 persennya nanti akan selesai di Desember 2019. Kalau dari sisi kapasitas jika sudah selesai 100% bisa menampung sebanyak 14 juta penumpang, “ jelas Faik.

Hadirnya Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Kulon Progo, Yogyakarta disambut positif untuk kawasan Jogjakarta, Solo serta Semarang (Joglosemar).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close