Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KCIC Harus Bertanggung jawab Atas Insiden Pipa BBM yang Terbakar

Kamis, 24 Oktober 2019 – 14:44 WIB
KCIC Harus Bertanggung jawab Atas Insiden Pipa BBM yang Terbakar - JPNN.COM
Petugas berusaha memadamkan api saat kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10). Foto: Raisan Al Farisi/Antara

jpnn.com, CIMAHI - Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) menilai PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) harus bertanggung jawab atas insiden terbakarnya pipa bahan bakar minyak (BBM) di Cimahi.

Pasalnya, hal itu sebagai akibat kelalaian KCIC saat melakukan pembangunan tiang pancang jalur kereta api cepat.

Direktur Puskepi Sofyano Zakaria menyayangkan insiden tersebut yang seharusnya pihak KCIC sudah mempersiapkan dengan matang.

"Insiden kebakaran pipa milik BBM di Cimahi, diduga sepenuhnya kesalahan. Untuk itu, KCIC harus bertanggung jawab karena Pertamina sudah menjadi korban atas kelalaian itu," sebut Sofyano.

Sofyano menambahkan, harusnya KCIC melakukan koordinasi sebelumnya, sebab dengan demikian Pertamina akan menempuh beberapa hal yang bisa mengurangi risiko munculnya insiden-insiden yang tidak diharapkan.

Misalnya dengan melakukan pemutusan sementara aliran minyak, pengosongan pipa, ataupun tindakan-tindakan lainnya.

Karena itu menurut Sofyano, wajar jika Pertamina mengajukan tuntutan, apalagi hal itu diperkuat bahwa insiden ini berhubungan dengan obyek vital yang bersinggungan dengan masyarakat.

"Jangan sampai Pertamina malah dituduh karena insiden ini. Karena sekali lagi, Pertamina adalah korban," tandas Sofyano.

Kebakaran itu sebagai akibat kelalaian KCIC saat melakukan pembangunan tiang pancang jalur kereta api cepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close