Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kebut Belanja APBN, Banyak Perjalanan Fiktif

Sabtu, 28 Januari 2012 – 03:33 WIB
Kebut Belanja APBN, Banyak Perjalanan Fiktif - JPNN.COM
JAKARTA - Rendahnya penyerapan anggaran membuat Kementrian/Lembaga menyalahgunakan anggaramn belanja negara. Salah satunya, melalui perjalanan dinas fiktif. Dirjen Anggaran Kemenkeu Herry Purnomo mengakui masih ada praktik tersebut.

"Dari hasil pendalaman Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), harus kita akui bahwa itu ada. Tentu pemerintah sudha mengambil langkah," kata Herry di kantornya , Jumat (27/1). Untuk mengatasi itu, pemerintah akan lebih memperketat kontrol internal.

Herry mengatakan, dalam pola pikir masa lalu, masih ada aparat negara yang ingin menambah kesejahteraan dari perjalanan dinas. Salah satu caranya dengan memalsukan boarding pass. "Boarding pass-nya pake Garuda, terbangnya pake Lion," katanya. Ia mengatakan boarding pass palsu biasanya didapatkan dari agen-agen perjalanan.

Selain boarding pass palsu, modus lainnya adalah perjalanan dinas yang tidak sesuai laporan. "Ada lagi temuan harusnya perjalanan lima hari, dipakai cuma tiga hari. Itu sebetulnya temuan-temuan klasik," kata Herry.

JAKARTA - Rendahnya penyerapan anggaran membuat Kementrian/Lembaga menyalahgunakan anggaramn belanja negara. Salah satunya, melalui perjalanan dinas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close