Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kekurangan Guru, Banyak Siswa Tak Lulus UN

Kamis, 27 Mei 2010 – 00:38 WIB
Kekurangan Guru, Banyak Siswa Tak Lulus UN - JPNN.COM
MANOKWARI-Salah satu penyebab menurunnya angka kelulusan di Manokwari adalah jumlah guru yang masih kurang. Kemudian diperparah lagi dengan jarangnya guru-guru berada di tempat tugas, khususnya di sekolah-sekolah yang ada di pedalaman.

 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Manokwari Silas Jitmau kepada Koran ini mengatakan, jumlah guru yang ada di Manokwari masih sangat kurang dibanding dengan jumlah sekolah dan muridnya. Saat ini menurut mantan Kepala Sekolah SMA YABT Manokwari, jumlah guru secara keseluruhan baru tercatat sekitar 2 ribuan lebih. Padahal idealnya seharusnya kebutuhan guru sekitar 4 ribuan.

 

Kekurangan guru ini, kata Silas, merupakan salah satu penyebab menurunnya angka kelulusan khususnya di sekolah-sekolah yang berada di pedalaman. Selain kurang jumlah gurunya, juga kadang-kadang guru-guru tersebut masih ada yang enggan melaksanakan tugasnya. “Kalau dilihat jumlah guru memang berkurang tapi masalah yang lebih besar lagi masih ada guru-guru di pedalaman yang tidak melaksanakan tugasnya,” tuturnya.

 

Untuk mengatasi masalah tersebut khususnya kekurangan guru-guru di sekolah yang ada di pedalaman, maka dalam waktu dekat pihaknya akan mendata guru-guru di dalam kota yang dimungkinkan untuk dipindahkan ke sekolah-sekolah yang ada di pedalaman. Tentunya kata Silas, pemindahan guru-guru melalui pertimbangan. “Kita juga akan menyebar guru-guru yang ada dalam kota untuk ke sekolah-sekolah yang ada di pedalaman untuk mengatasi kekurangan guru di pedalaman,” tuturnya lagi.(sr/jus)

MANOKWARI-Salah satu penyebab menurunnya angka kelulusan di Manokwari adalah jumlah guru yang masih kurang. Kemudian diperparah lagi dengan jarangnya

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close