Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kelangkaan BBM Terindikasi Akibat Penyelundupan

Sabtu, 19 Maret 2011 – 14:55 WIB
Kelangkaan BBM Terindikasi Akibat Penyelundupan - JPNN.COM
JAKARTA - Beberapa waktu lalu, beberapa daerah mengalami kelangkaan BBM meski menjadi daerah penghasil minyak. Banyak alasan yang diungkapkan pemerintah pusat, di antaranya masalah di sistem produksi dan distribusi. Namun Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo menilai, kelangkaan BBM yang terjadi di Riau, terindikasi kuat akibat penyelundupan.

Dalam diskusi bersama Forum Komunikasi Wartawan Ekonomi Makro (Forkem) di Jakarta, Sabtu (19/3), Menkeu mengatakan bahwa kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari 17 ribu lebih kepulauan, membuat peluang penyelundupan semakin terbuka. Terlebih lagi di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, yang memiliki letak geografis di antara batas negara.

"Kelangkaan itu sangat mungkin terjadi. Karena Indonesia terdiri dari 17 ribu pulau. Sangat mungkin antar pulau dan provinsi itu ada penyelundupan," kata Agus.

Saat suplai BBM didistribusikan ke semua daerah, pengawasan distribusi, kata Agus lagi, menjadi hal yang penting. Karena margin harga BBM ketika terjadi penyelundupan, memang cukup menggiurkan. Apalagi BBM yang disalurkan ke daerah-daerah terhitung telah disubsidi pemerintah dengan harga produksi yang lebih murah.

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, beberapa daerah mengalami kelangkaan BBM meski menjadi daerah penghasil minyak. Banyak alasan yang diungkapkan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA