Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keliling Eropa Tiga Bulan hanya Rp 26 Juta? Ini Kiatnya

Selasa, 30 Oktober 2018 – 07:23 WIB
Keliling Eropa Tiga Bulan hanya Rp 26 Juta? Ini Kiatnya - JPNN.COM
Jonathan Chanutomo. FOTO : Jonathan for Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Jika bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan murah meriah, mengapa mesti pilih yang mahal? Setidaknya begitulah yang ada di benak Jonathan Chanutomo. Berangkat dari pengalaman ke Eropa pada 2016 untuk mengikuti World Youth Day, Jojo -sapaannya- yakin betul bahwa pergi ke benua tersebut tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Saat itu, dia total mengeluarkan uang Rp 25 juta untuk satu bulan. Negara yang didatanginya, antara lain, Polandia, Austria, Republik Ceko, dan Italia. 

"Dari situ saya mikir sebenernya ke Eropa nggak semahal itu. Pasti bisa lebih murah. Karena banyak juga tempat yang bisa kita datangi gratis," ujarnya saat ditemui di rumahnya di kawasan Darmo Harapan Indah pada Senin pekan lalu (22/10). Keyakinan itu membuatnya membulatkan tekad untuk kembali mengunjungi Eropa Tentu saja, bujetnya jauh lebih terjangkau dan waktunya lebih panjang. Dia pun mengatur trik sekaligus strategi. Salah satu formula yang dipilihnya adalah memanfaatkan Couchsurfing. Itu merupakan aplikasi yang bisa diunduh siapa pun. Aplikasi tersebut berisi orang-orang dari segala penjuru dunia yang doyan solo traveling maupun backpacker. Nah, aplikasi itu menjadi wadah mereka untuk berkomunikasi satu sama lain. Di situ jugalah para visitor atau orang yang akan jalan-jalan ke suatu tempat mencari host alias tuan rumah yang bisa menampung mereka tanpa bayar sepeser pun. 

Dua minggu sebelum berangkat, Jojo mulai menyebar permintaan sebagai visitor kepada sejumlah host di beberapa kota di Eropa. Dia menjelaskan, meski menemukan banyak calon host, dirinya tetap harus jeli dan hati-hati. Tujuannya tidak sampai tinggal bersama orang yang salah. Salah satu yang menjadi patokan atau pertimbangannya dalam memilih adalah dengan membaca riwayat pada profil host. Di situ kerap ada semacam testimoni sekaligus jumlah visitor yang pernah tinggal bersama hosttersebut. 

Jojo pun menyiapkan tiket pesawat sejak enam bulan sebelumnya. Dia banyak mencari tahu mengenai website penjualan tiket pesawat yang murah. Akhirnya, dia tersenyum bahagia saat mendapatkan tiket pesawat PP Kuala Lumpur-Roma dan Paris-Kuala Lumpur dengan total harga hanya Rp 7,5 juta. Dia memulai perjalanan itu pada 9 Januari hingga 4 April dengan hanya bermodal Rp 26 juta. 

Baginya, kesialan apa pun yang terjadi tidak boleh menimbulkan bad mood. Hati jangan berubah keruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close