Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kelola Gula Darah dengan Rutin Mengonsumsi Timun

Jumat, 06 September 2019 – 23:21 WIB
Kelola Gula Darah dengan Rutin Mengonsumsi Timun - JPNN.COM
Jus mentimun. Foto: The Juice Chief

jpnn.com - Timun biasanya dihidangkan sebagai lalapan, acar, atau sayur. Buah ini sering dijumpai sehari-hari karena mudah didapat. Namun tahukah Anda bahwa timun bisa dibuat minuman kesehatan?

Selain rasanya yang manis dan segar, timun juga memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah bisa membantu mengelola gula darah, seperti dilansir laman Stylecraze.

Timun memiliki beragam glikosida, steroid, flavonoid, karbohidrat, terpenoid, dan tanin. Molekul-molekul ini menjebak Reactive Oxygen Species (ROS, a.k.a radikal bebas), yang kelebihan produksi adalah penyebab utama diabetes.

BACA JUGA: 7 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

ROS ini menargetkan hati, ginjal, dan organ vital Anda lainnya. Mereka menyebabkan kematian sel dan memperburuk diabetes. Asam fenolik seperti asam p-coumaric dan syringic dalam timun membantu mengais ROS.

Membuktikan hal ini, ekstrak timun mengurangi kadar glukosa darah sebesar 67 persen setelah injeksi intraperitoneal tunggal dalam studi tikus.

BACA JUGA: 5 Makanan ini Ampuh Jadi Obat Kolesterol Tinggi

Buah ini juga mengurangi kadar low-density lipoprotein (LDL) sebesar 13 persen dan kadar kolesterol total sebesar 29 persen.  Oleh karena itu, air timun bisa memiliki efek anti-diabetes, anti-hiperglikemik yang kuat, dan sitoprotektif pada individu diabetes.

Selain rasanya yang manis dan segar, air timun bisa membantu mengelola gula darah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close