Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Kembali Percaya

Oleh Dahlan Iskan

Selasa, 21 Juli 2020 – 09:19 WIB
Kembali Percaya - JPNN.COM
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Pemkot Surabaya sudah bisa teriak: kami akan punya lab Covid-19 sendiri. Kami tidak menyerah. Kami akan keluar dari zona merah ini. 

Kalau kapasitas swab test di laboratorium milik sendiri itu sudah bisa ditingkatkan menjadi 4.000 sehari, siapa yang harus diprioritaskan untuk dites?

Tentu, keluarga dan teman dekat pasien yang sekarang dirawat karena Covid-19. Setelah itu para karyawan restoran, supermarket, minimarket, pemilik dan penjaga warung-warung, pedagang-pedang di pasar dan pegawai kantor-kantor yang bisnis mereka tetap jalan.

Baca Juga:

Tujuannya: agar ekonomi tetap bisa jalan. PHK bisa dicegah.

Jangan ditafsirkan mereka sebagai sasaran korban. Misalnya sudah ada yang mengembuskan isu: test Covid-19 itu tes kematian. Mereka pun lari dari kewajiban tes.

Kalau saja dua bulan lalu ada lab di Surabaya yang bisa mengerjakan 4.000 tes sehari, sekarang sudah lebih tenang. Namun untuk apa disesali? Lebih baik move on kan?

Baca Juga:

Katakanlah seminggu lagi laboratorium baru milik Pemkot Surabaya sendiri itu mulai berfungsi. Kapasitas tes mulai meningkat. Dalam dua hari seluruh keluarga dan teman pasien sudah berhasil dites.

Maka dalam satu bulan ke depan peta jalan mengendalikan Covid-19 di Surabaya sudah terlihat. Kalau peta jalannya sudah ada maka rute penyelesaiannya menjadi jelas. Dan terarah. Tidak lagi serba gamang. Seperti melihat peta buta.

loading...