Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kembangkan Food Estate, Kementerian BUMN Bidik Papua

Senin, 06 April 2015 – 22:45 WIB
Kembangkan Food Estate, Kementerian BUMN Bidik Papua - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah menjajaki kawasan pertanian yang cukup luas di Papua. Langkah tersebut dilakukan untuk menciptakan swasembada pangan seperti yang ditargetkan Presiden Joko Widodo.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, saat ini anak buahnya sudah berada di Papua untuk melakukan survei. Mantan menteri Perindustrian itu akan bertandang ke Papua pekan mendatang.

“Kami sedang memikirkan bagaimana bisa mengembangkan area yang besar dengan memulai membangun pertanian di sana," kata Rini saat ditemui di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (6/4).

Kawasan pertanian atau food estate itu nantinya akan ditanami berbagai jenis tanaman. Rini mengaku enggan fokus pada satu tempat untuk mengembangkan kawasan pertanian.

‎"Kami melihat di beberapa tempat pengembangan food estate seperti di Merauke. Kami juga harus membuat alternatif-alternatif bagaimana kami bisa mencapai tujuan untuk swasembada pangan di beberapa tempat. Baik di jagung, beras, kedelai atau gula," tambah Rini.

Nantinya, food estate itu akan melibatkan banyak pihak. Selain perusahaan pelat merah, pihaknya juga bakal melibatkan warga sekitar untuk dijadikan petani. Sayangnya, Rini enggan membeberkan luas dan biaya yang dikeluarkan untuk mewujudkan ambisi itu. (chi/jpnn)

 

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah menjajaki kawasan pertanian yang cukup luas di Papua. Langkah tersebut dilakukan untuk

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close