Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kembara Nusa Beri Akses Pengobatan Gigi Gratis Bagi Masyarakat Sumba

Senin, 28 Oktober 2024 – 14:02 WIB
Kembara Nusa Beri Akses Pengobatan Gigi Gratis Bagi Masyarakat Sumba - JPNN.COM
Yayasan Kembara Nusa memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut gratis bagi masyarakat Sumba untuk menjembatani kesenjangan tenaga medis di Indonesia Timur. Foto dok Yayasan Kembara Nusa

jpnn.com, SUMBA BARAT - Yayasan Kembara Nusa memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut gratis bagi masyarakat Sumba untuk menjembatani kesenjangan tenaga medis di Indonesia Timur.

Kegiatan sosial ini digelar pada 23-27 Oktober 2024 dan diikuti oleh dokter gigi dan umum dari berbagai daerah.

Ketersediaan dokter gigi lebih banyak di Pulau Jawa dan Sumatra, sedangkan di wilayah timur seperti Provinsi Papua mengalami kekurangan dokter gigi tertinggi mencapai 86,5%, diikuti Papua Barat 78,4% dan Maluku 77%.

“Kurangnya akses layanan kesehatan ini dapat menyebabkan penyakit gigi dan mulut tidak tertangani dengan baik. Oleh karena itu, kami di Kembara Nusa mengajak rekan-rekan tenaga medis dan non-medis untuk memberikan layanan kesehatan dan edukasi serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama kesehatan gigi dan mulut," ujar drg. Safira Khairina, Co-Founder Kembara Nusa.

Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pengobatan saja, tapi juga menggabungkan antara aktivitas sosial dan eksplorasi keindahan alam serta budaya Sumba kepada para relawan.

Bakti sosial diadakan pada Pusat Pengembangan Anak Gereja Kristen Sumba Mata di Sumba Barat Daya, kemudian dilanjutkan ke Desa Matawai Pawali di Lewa, yang terletak di Sumba Timur.

Kepala Desa Matawai Pawali Ince Rambu Yaku memberikan apresiasinya terhadap kegiatan bakti sosial.

"Kami sangat bersyukur sekali atas kedatangan tim dokter dan relawan ke desa kami yang lokasinya sangat jauh dan telah memberikan pelayanan optimal kepada setiap warga baik anak-anak maupun dewasa. Acara ini merupakan salah satu mimpi kami untuk dapat merasakan pelayanan kesehatan yang baik,” ungkap Ince.

Kembara Nusa berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan serupa di daerah-daerah lain yang membutuhkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA