Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemen PU Belum Punya Panduan Perawatan Jembatan

Selasa, 29 November 2011 – 09:40 WIB
Kemen PU Belum Punya Panduan Perawatan Jembatan - JPNN.COM
JAKARTA--Kecemasan melanda Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) pasca putusnya jembatan Kartanegara, di Tenggarong, Kalimantan Timur. Kemen PU kini menyiapkan pedoman perawatan khusus untuk jembatan-jembatan sejenis jembatan Kartanegara. Di antara yang sejenis jembatan Kartanegara adalah jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan pulau Madura.

Dalam keterangannya, Dirjen Bina Marga Kemen PU Djoko Murjanto di Jakarta kemarin (28/11) menuturkan, jembatan Kartanegara memiliki panjang bentang 470 meter. "Sudah masuk kategori jembatan panjang," katanya. Dia menuturkan, Kemen PU sampai saat ini masih mengedarkan petunjuk atau pedoman perawatan jembatan dengan bentang pendek.

Lantas bagaimana dengan pedoman perawatan jembatan bentang panjang" Djoko menuturkan, jika jembatan Kartanegara merupakan salah satu kajian kasus untuk menyusun pedoman perawatan jembatan dengan bentang panjang. "Tapi pedoman belum selesai, ternyata lebih mendahulu (runtuh, Red)," ujarnya.

Menurut Djoko, ada perbedaan antara pedoman perawatan jembatan bentang pendek dan jembatan bentang panjang. Dia mengklaim jika perawatan jembatan bentang panjang lebih rumit dan butuh perhatian khusus ketimbang perawatan jembatan bentang pendek.

JAKARTA--Kecemasan melanda Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) pasca putusnya jembatan Kartanegara, di Tenggarong, Kalimantan Timur. Kemen PU kini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA