Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenag Desak Tiongkok Klarifikasi Penghancuran Ribuan Masjid di Xinjiang

Senin, 28 September 2020 – 17:55 WIB
Kemenag Desak Tiongkok Klarifikasi Penghancuran Ribuan Masjid di Xinjiang - JPNN.COM
Wamenag Zainut Tauhid. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) RI meminta Pemerintah Tiongkok untuk memberikan klarfikasi tentang informasi ribuan masjid di wilayah Xinjiang, di Uighur dirobohkan. 

"Kami mencermati perkembangan berita itu. Ada berita bahwa ribuan masjid di wilayah Xinjiang, di Uighur dirobohkan. Kami mencermati perkembangannya dan ada juga informasi bantahan dari otoritas setempat," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dalam pernyataan resminya, Senin (28/9). 

Zainut melanjutkan, pihaknya meminta otoritas setempat  dalam hal ini Pemerintah Tiongkok untuk memberikan kejelasan apa yang terjadi.

Sehingga bisa menjawab pertanyaan umat muslim di dunia termasuk Indonesia tentang apa yang sesungguhnya terjadi.

Kemenag juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI untuk mendiskusikan informasi tersebut, sekaligus menyampaikan kepedulian Muslim Indonesia kepada masyarakat Uighur.

"Karena ini menyangkut dengan hubungan diplomatik," ucap Zainut. 

Jika memang ada persoalan yang terkait dengan kehidupan beragama di sana, Wamenag menggarisbawahi tentang pentingnya kebebasan dalam beragama.

"Kami di Kementerian Agama berpandangan bahwa kebebasan beragama adalah hak asasi manusia yang harus dilindungi, dijaga, dan dihormati," tegasnya.

Wamenag meminta pemerintah Tiongkok memberikan penjelasan tentang kabar penghancuran ribuan masjid di Xinjiang dan penahanan jutaan muslim Uighur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close