Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenag Jajaki Magang Profesional Mahasiswa PTKI

Sabtu, 17 Oktober 2020 – 19:31 WIB
Kemenag Jajaki Magang Profesional Mahasiswa PTKI - JPNN.COM
Kementerian Agama. Foto: Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menjajaki penerapan model magang profesional mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Menurut Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Suyitno, program magang professional (co-operative education) penting untuk membekali para mahasiswa agar akrab dengan pasar tenaga kerja yang sudah teridentifikasi dan bisa memberikan lapangan kerja yang sesuai.

"Tantangan pendidikan tinggi saat ini adalah menyiapkan SDM yang siap terjun ke dunia kerja. Ini cukup berat, perlu terobosan dalam model pembelajaran. Salah satunya model magang profesional,' terang Suyitno, Sabtu (17/10).

Menurut Suyitno, cooperative education ini sejalan dengan kegiatan kampus merdeka dan merdeka belajar yang sedang dalam tahap persiapan di PTKI.

”Para mahasiswa memiliki kebebasan untuk mengambil sejumlah SKS lintas baik prodi bahkan lintas perguruan tinggi," ungkapnya.

Magang di dunia kerja sangat penting apalagi di era globalisasi yang kini meniscayakan pola digital dan big data.

“Era ini menjadi tantangan baru dalam mempersiapkan perguruan tinggi yang lebih inovatif sehingga menghasilkan generasi masa depan yang kompeten," kata Suyitno.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat, Direktorat Diktis akan mengundang para Dekan Saintek UIN se-indonesia dalam webinar terkait Cooperative Education. (esy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Kemenag ingin mahasiswa PTKI akrab dengan pasar tenaga kerja yang sudah teridentifikasi.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close