Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenag Kucurkan Rp 30 Miliar demi Dukung Dosen Kampus Islam Bikin Riset Berkualitas

Sabtu, 18 November 2023 – 21:12 WIB
Kemenag Kucurkan Rp 30 Miliar demi Dukung Dosen Kampus Islam Bikin Riset Berkualitas - JPNN.COM
Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendis Kementerian Agama (Kemenag) Ahmad Zainul Hamdi. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama atau Kemenag sedang mendorong peningkatan kualitas penelitian perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI).

Dalam rangka itu pula kementerian yang dipimpin Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas tersebut menggelontorkan dana Rp 30 miliar untuk mendukung para dosen melakukan riset.

Menurut Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag Ahmad Zainul Hamdi, program itu juga sebagai strategi untuk mengatasi ketimpangan antara PTKI negeri (PTKIN) dan PTKI swasta (PTKIS).

"Selama ini belum ada bantuan penelitian bagi dosen PTKIS, padahal dari riset inilah mereka bisa melakukan publikasi dan menaikkan kepangkatannya," ujar Zainul, Sabtu (18/11/2023).

Pejabat eselon II Kemenag itu menambahkan dana yang dapat digunakan oleh PTKIS mencapai Rp 10 miliar. Selain itu, Kemenag juga membuka klaster khusus anggaran riset kolaborasi antara dosen PTKIN dan PTKIS.

Inung -panggilan akrab Zainul- menegaskan kualitas perguruan tinggi tidak terlepas dari jumlah hasil penelitian dosennya.

"Selain riset, pengembangan kualitas PTKIS juga ditunjang dengan peningkatan sertifikasi dosen,” katanya.

Lebih lanjut Zainul mengatakan jumlah dosen swasta yang tersertifikasi dalam satu tahun terakhir sudah dua kali lipat dari banyaknya PTKIS. Menurut dia, hal tersebut sangat penting karena sertifikasi juga menjadi syarat kenaikan nilai akreditasi.

Kementerian Agama atau Kemenag sedang mendorong peningkatan kualitas penelitian perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) dengan mengucurkan dana riset..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close