Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendagri Optimistis SP4N-LAPOR! Makin Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat terhadap Pemerintah

Rabu, 23 Agustus 2023 – 21:24 WIB
Kemendagri Optimistis SP4N-LAPOR! Makin Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat terhadap Pemerintah - JPNN.COM
Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo di acara LAPOR Goes To Campus (LGTC) di Kampus IPDN Jatinagor, Sumedang, Rabu (23/8). Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - SUMEDANG- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berupaya mengoptimalkan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri Yusharto Huntoyungo mengatakan, upaya tersebut dilakukan Kemendagri bersama dengan Kementerian PANRB, Kementerian Kominfo, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI.

Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo mengatakan hal tersebut saat mewakili Mendagri Tito Karnavian memberi sambutan dalam acara LAPOR Goes To Campus (LGTC) di Balairung Rudini Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinagor, Sumedang, pada Rabu (23/8).

Yusharto mengatakan, pemerintah tidak bisa menempatkan masyarakat secara pasif hanya sebagai penerima pelayanan, tetapi juga melibatkannya secara aktif dalam proses pelayanan publik.

Dikatakan, pengaduan berupa kritik ataupun masukan dari masyarakat dibutuhkan untuk mengetahui apakah kebijakan atau pelayanan publik yang diberikan pemerintah sudah sejalan dengan kebutuhan atau harapan masyarakat.

Saat ini, kata Yusharto, masih banyak masyarakat yang takut untuk menyampaikan pendapatnya di muka umum atau pun melalui kanal pengaduan.

Berdasarkan Survei Indikator Politik Indonesia pada September 2020 mendapati ada 69,6 persen responden yang merasa takut untuk menyampaikan pendapat dan kritik.

Menurut Yusharto, hal tersebut perlu direspons dengan menyediakan pengelolaan pengaduan yang tepat salah satunya melalui aplikasi SP4N-LAPOR!.

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau SP4N-LAPOR! untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close