Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendikbudristek Beri Penghargaan Kepada 3 Anak Hebat di Ajang AKI 2024

Senin, 30 September 2024 – 08:58 WIB
Kemendikbudristek Beri Penghargaan Kepada 3 Anak Hebat di Ajang AKI 2024 - JPNN.COM
Tiga anak hebat, yakni Zakia Minang Ayu dari Bangka Belitung, Nurul Khaerul Nisa asal Cianjur, Jawa Barat, dan Daneswara Satya Swandaru dari Gunung Kidul, Yogyakarta menerima penghargaan dari Kemendikbudristek pada malam puncak Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2024 yang berlangsung di The Tribrata Hotel and Convention Darmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (17/9). Foto: Dokumentasi Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi dedikasi kerja budaya yang dilakukan tiga anak sekaligus dengan memberikan penghargaan kepada mereka pada malam puncak Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2024 yang berlangsung di The Tribrata Hotel and Convention Darmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (17/9).

Ketiga anak yang dinilai memberi kontribusi pada pemajuan kebudayaan tersebut adalah Zakia Minang Ayu dari Bangka Belitung, Nurul Khaerul Nisa asal Cianjur, Jawa Barat, dan Daneswara Satya Swandaru dari Gunung Kidul, Yogyakarta.

Penyelenggaraan AKI Tahun 2024 mengangkat tema 'Persembahan Istimewa Bagi Penggerak Budaya' sebagai apresiasi pemerintah yang dipersembahkan kepada pelaku budaya di Indonesia yang telah berdedikasi pada pemajuan kebudayaan sekaligus mengajak masyarakat ikut melestarikan kebudayaan nasional.

Melekatnya jiwa kesusastraan Zakia

Darah dan jiwa seni sastra memang telah melekat pada gadis berusia 11 tahun asal Sungailiat, Bangka Belitung ini.

Zakia Minang Ayu dilahirkan dari ibu yang juga seorang pegiat seni sastra.

Zakia kerap melihat ibundanya mengajarkan kesusastraan ke anak-anak di daerahnya dan hal itu lah yang membuat minat kesusastraan dalam diri Zakia makin meningkat.

Minat Zakia tumbuh dan berkembang dengan lingkungan seni kesusastraan, baik dari keluarga maupun pergaulan di luar rumah.

Belum genap berusia tujuh tahun, ibunya telah memasukkan Zakia ke Komunitas Pendongeng Cilik Kampung Dongeng di Bangka Belitung.

Tiga anak hebat, yakni Zakia Minang Ayu, Nurul Khaerul Nisa, dan Daneswara Satya Swandaru menerima penghargaan dari Kemendikbudristek di ajang AKI 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA