Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendikbudristek Fasilitasi Ribuan SMK Pusat Keunggulan, Ini Perinciannya 

Jumat, 18 November 2022 – 23:14 WIB
Kemendikbudristek Fasilitasi Ribuan SMK Pusat Keunggulan, Ini Perinciannya  - JPNN.COM
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Vokasi), Kiki Yuliati. Foto: dok. Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbudristek telah memfasilitasi ribuan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah memfasilitasi 1.402 SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Proporsi dari jumlah tersebut, sebanyak 1.029 SMK PK memperoleh bantuan dari pemerintah melalui skema Matching Fund dan sebanyak 373 SMK PK mendapat hibah dari industri atau melalui skema pemadanan. 

"Tahun pertama ini, ketika kami menunjukkan SMK PK, ada 349 dunia usaha dan dunia industri (DUDI) telah bersinergi dengan satuan pendidikan di daerah dengan investasi sebesar Rp 439 miliar,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Vokasi), Kiki Yuliati dalam webinar tentang implementasi pelaksanaan kolaborasi antara satuan pendidikan vokasi dengan industri melalui program SMK PK dengan Skema Pemadanan dan Matching Fund, Kamis (17/11).

Tidak hanya industri-industri besar, tambah Kiki, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pun turut mengambil bagian dari kolaborasi tersebut.

Oleh karena itu, Kiki menerangkan pemerintah akan terus berkomitmen mengembangkan ekosistem pendidikan vokasi. Salah satunya melalui program SMK PK Skema Pemadanan dan Matching Fund.

"Ini akan terus kami lakukan guna mengelaborasikan sektor pendidikan dengan industri agar menghasilkan SDM unggul, tangguh, dan relevan dengan kebutuhan industri,” ujar Kiki.

Hal ini telah sejalan dengan instruksi Presiden yang dituangkan dalam Peraturan Presiden tentang Implementasi Pendidikan Vokasi.

Kemendikbudristek telah memfasilitasi ribuan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close